Pekanbaru

Dewan Ingatkan Kepala UPTD Baru Soal Target PAD Parkir Rp 15 M

Nilai ini naik sekitar Rp 4 miliar dari target tahun lalu. Ini lah PR yang harus direalisasikan kepala UPTD

Dewan Ingatkan Kepala UPTD Baru Soal Target PAD Parkir Rp 15 M
TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Sejumlah kendaraan parkir di pinggiran Jalan Sudirman, depan Plaza Sukaramai, Pekanbaru, Kamis (22/2/2018). Beberapa waktu yang lalu, DPRD Pekanbaru pernah menyarankan agar pemerintah Kota Pekanbaru untuk membuat sistem jitu agar pendapatan parkir tinggi, diantaranya adalah memakai sistem pembayaran terkini dengan sistem online. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan sektor penerimaan pada pendapatan asli daerah dari sektor pajak parkir. Namun tampaknya hal ini masih belum dapat direalisasikan. 

Laporan Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.com-PEKANBARU - Kalangan DPRD Pekanbaru banyak menyandarkan harapan, kepada pejabat baru yang dilantik, hasil mutasi pejabat Pemko Pekanbaru Rabu kemarin.

Terutama pejabat yang menduduki jabatan mendulang PAD. Termasuk halnya jabatan UPTD Parkir Dishub Pekanbaru.

Seperti diketahui, tampuk pimpinan Kepala UPTD Parkir Dishub Pekanbaru sudah berganti.

Posisi Bambang Armanto, digantikan Octavianus, yang sebelumnya menjabat selaku Kasubag Tata Usaha UPTD Pelabuhan Sungai Duku.

Baca: Prabowo Naik Kuda Menuju Gedung KPU. AHY Turut Mengantar ke KPU

Baca: Jabat Plt Sekwan Pekanbaru, Ini Permintaan Alek Kurniawan Saat Sertijab

Kinerja Bambang Armanto sendiri selama ini, sudah banyak memberikan kontribusi kepada PAD. Bagaimana harapan kepada kepala yang baru?

"(Retribusi parkir) ini jabatan strategis. Karena parkir tersebut selama ini, termasuk yang diandalkan dalam menggenjot PAD.  Jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pejabat baru. Intinya harus tegas," pinta Anggota Komisi II DPRD Pekanbaru, Fikri Wahyudi Hamdani S Sos, Jumat (10/8/2018) kepada Tribunpekanbaru.com.

Tahun 2018 ini, target PAD retribusi parkir Dishub Pekanbaru Rp 15 miliar.

Nilai ini naik sekitar Rp 4 miliar dari target tahun lalu. Ini lah PR yang harus direalisasikan kepala UPTD Parkir yang baru, mengingat target tersebut sudah berdasarkan survei dan analisa tim.

Baca: Jadwal PSPS vs Persis Solo Liga 2 2018 Jumat 10 Agustus, 2 Pemain Persis Solo Dipastikan Absen

Baca: Kubu Oposisi Sambut Bergabungnya Demokrat Dukung Prabowo-Sandi

Apalagi masih ada waktu 4 bulan lagi, jelang akhir tahun untuk mencapai target tersebut. "Hingga per Juli lalu, kita belum dapat laporan dari dinas terkait. Namun informasinya sudah lebih dari Rp 6 miliar. Makanya harus digenjot lagi," sebutnya.

Disinggung apakah memungkin target Rp 15 miliar tersebut bisa dicapai? Politisi NasDem ini yakin, jika UPTD Parkir serius mengawasi parkir tepi jalan umum ini, maka bisa lebih dari target didapatkan. Sebab, hampir semua jalur di kota ini, sudah dipungut retribusi parkir.

Namun sayangnya, masih ada parkir liar yang tidak terkelola selama ini. "Ini yang harus ditertibkan pimpinan baru UPTD Parkir ini," harapnya.

Sebelumnya, UPTD Parkir Dishub mengaku, sebanyak 1.037 juru parkir tersebar di Kota Pekanbaru. Jumlah ini hanya diawasi 20 personil. Memang jumlah ini minim dari titik-titik yang ada. Namun Dishub berjanji, tetap bekerja semaksimal mungkin untuk mengawasi jukir.

Lebih dari itu, Dishub juga meminta kerjasama dari seluruh pihak, agar target dan parkir liar tidak ada lagi di kota ini.

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved