Dumai

Tahun 2016 dan 2017 Perusahaan Ini Juga Terlibat Insiden Tumpahnya CPO di Perairan Dumai

Perusahaan ini mendapat sorotan terkait dengan beberapa insiden. Termasuk dengan tumpahan CPO di perairan Dumai

Tahun 2016 dan 2017 Perusahaan Ini Juga Terlibat Insiden Tumpahnya CPO di Perairan Dumai
Tribun Pekanbaru/Logo Dumai
Logo Kota Dumai 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernandi Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAI- Aktivitas di PT.Nagamas Palm Oil di areal Pelindo Dumai kerap menjadi perhatian. Pasalnya sudah terjadi serangkaian insiden di areal perusahaan.

Catatan Tribun, sejumlah insiden terjadi dari rentang 2016 hingga 2017. Sekitar 10 ton Muatan Palm Oil Stearin milik PT.Nagamas Palm Oil tumpah ke laut di sekitar Pelabuhan Pelindo Dumai pada 28 Juli 2017 silam. Tumpahan muatan berupa fraksi dari Minyak Kelapa Sawit berceceran di perairan sekitar Dermaga Pokala.

Baca: Riau Entertain Community dan All Bikers Pekanbaru Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

Kondisi stearin yang berceceran tampak lebih padat bila dibanding Crude Palm Oil (CPO). Adanya insiden diduga mencemari laut yang ada di sekitar tumpahan strearin. Insiden ini jadi perhatian Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI saat itu.

Baca: Hasil Verifikasi KPU Bengkalis 643 Bacaleg Dinyatakan Memenuhi Syarat

Sekitar 100 kilogram muatan CPO milik PT.Nagamas Palm Oil tumpah di laut sekitar Dermaga B Pelindo Dumai pada 25 Maret 2017. Insiden terjadi saat proses loading ke Kapal MT Ark Progress. Muatan yang hendak didistribusikan ke kapal berbendera India ini tumpah dari pipa penyaluran CPO ke kapal.

Baca: Insiden Tumpahnya CPO di Perairan Dumai, KSOP Belum Tahu Bentuk Sanksi bagi Perusahaan Ini

Insiden juga terjadi pada 27 Juni 2016 silam. Saat itu muatan CPO dari Tangki Timbun milik PT.Nagamas Palm oil Lestari tumpah. Akibatnya ceceran CPO menggenang di sekitar areal Pelabuhan Pokala Pelindo Dumai. CPO diduga tumpah dari Tangki Timbun T5333 milik perusahaan di areal Pelindo Dumai.

Ada bekas CPO tumpah di bagian belakang dinding dua tangki timbun perusahaan. Pada bagian dinding luar tangki tampak bekas menguning. Minyak Nabati itu meluber ke arah perairan dan sempat mengenang di laut.

Satu insiden terbaru yakni tumpahnya muatan Crude Palm Oil (CPO) saat bongkar muat di Dermaga B Pelindo Dumai, Kamis (9/8/2018) malam kemarin. Muatan CPO tumpah saat bongkar muat dari Kapal Teratai Merah III ke tangki PT.Nagamas Palm Oil.

Baca: 2 Siswa SD di Siak Sukses Bawa Medali OSN di Padang, Bupati Syamsuar: Saya Bangga Sekali

Kepala Seksi Patroli, Penjagaan dan Penyidikan (P3) KSOP Dumai, Herry Yose Purba menyebut bahwa pihaknya sudah melihat hasil pembersihan sisa tumpahan CPO. Ia menilai proses pembersihan sudah dilakukan.

"Kami juga melihat di sana terpasang oil boom untuk lokalisir tumpahan," ulasnya kepada Tribun, Jum'at (10/8/2018).

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help