Idul Adha 2018

Ustaz Abdul Somad Ungkap Ini Amalan Sunah yang Dianjurkan Dilakukan di Bulan Dzulhijjah

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah ceramahnya ini keutamaan beramal saleh di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Ustaz Abdul Somad Ungkap Ini Amalan Sunah yang Dianjurkan Dilakukan di Bulan Dzulhijjah
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Ustadz Abdul Somad memberikan tausiyah pada acara dialog kesehatan dengan tema 'Dukung Imunisasi dan Istihaah Kesehatan Haji' kepada para pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau di Aula Dinkes Riau, Pekanbaru, Jumat (16/3/2018).  (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Memasuki bulan dzulhijjah, ada banyak amalan sunah yang bisa kita kerjakan untuk memakmurkan bulan mulia tersebut.

Bulan Dzulhijjah istimewa karena ada beberapa peristiwa penting di dalamnya.

Di antaranya adalah puncak pelaksanaan haji berupa wukuf, puasa Arafah dan hari raya Idul Adha.

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah ceramahnya di YouTube diposting oleh Fodamara TV dipublikasikan pada 8 September 2016 menyitir sebuah hadis Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan beramal saleh di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Menurut hadis tersebut, tak ada hari yang kita boleh beramal saleh pada hari itu lebih dicintai Allah melebihi 10 hari ini.

“Artinya, jika kita rajin beramal saleh selama 10 hari awal bulan Dzulhijjah, maka Allah akan lebih mencintai kita,” jelasnya.

Apa saja jenis amal salehnya?

Baca: Masuk Bulan Dzulhijjah, Ini 3 Puasa Sunah yang Dianjurkan Puasa Arafah Paling Istimewa

Baca: VIDEO: Ini Cara Melaksanan dan Niat Puasa Arafah yang Pahalanya Diampuni Dosa-dosa Setahun Lalu

Di hadis itu tak ada dijelaskan, namun menurut pengamatan para sahabat Nabi Muhammad terhadap Nabi Muhammad, beliau selama 10 hari awal bulan Dzulhijjah sering berpuasa sunah.

Puasa itu terhitung sejak 1 Zulhijjah hingga 9 Zulhijjah, sedangkan pada 10 Zulhijjah tidak karena itu adalah hari raya Idul Adha dan umat Islam dilarang berpuasa di hari itu.

Dalam sebuah hadis lain disebutkan pula bahwa satu-satunya ibadah yang dinisbatkan nabi ke Allah dan Allah ke nabi adalah puasa.

“Ujar Allah, puasamu untuk-Ku. Maka, dari sini bisa disimpulkan amalan saleh selama bulan Dzulhijjah yang paling utama atau afdol adalah puasa sunah,” tambahnya.

Walau begitu, jika kita ingin melakukan amalan-amalan sunah lainnya tetap dibolehkan, sebab di hadis pertama tadi tak ada diperinci apa saja amal saleh yang bisa dilakukan di bulan mulia ini.

“Mau mengaji Alquran silakan, perbanyak salat sunah, berzikir, dan sebagainya juga boleh. Tak sanggup berpuasa, silakan baca Alquran. Tak sanggup juga baca Alquran, perbanyaklah salat sunah. Tak sanggup juga salat sunah, kerjakan yang paling ringan, zikir, dan sebagainya. Mau dan sanggup mengerjakan semuanya, itu lebih bagus lagi,” terangnya. (banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal)
 

Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help