Padang

VIDEO: Detik-detik Mantan Rektor UIN IB Padang Meninggal Dunia saat jadi Saksi di Persidangan

Dalam video berdurasi 35 detik yang diduga berasal dari rekaman CCTV ruang sidang PN Padang itu, nampak almahum

Laporan videografer tribunpadang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Video detik-detik mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ke-14, Prof. Dr. H. Sirajuddin Zar MA yang meninggal dunia pada Kamis (30/7/2018) sore saat me jadi saksi kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pengadilan Negeri (PN) Padang, beredar di sebuah grup whatsapps.

Dalam video berdurasi 35 detik yang diduga berasal dari rekaman CCTV ruang sidang PN Padang itu, nampak almahum yang duduk paling kanan dari meja Hakim PN Padang tengah memegang lembaran kertas di tangan kirinya dan tangan kanannya, memegang sandaran kursi.

Kemudian mantan Rektor itu tiba-tiba terkulai dengan tangan kananya masih memegang sandaran kursi dan lembaran kertas yang dipegang di tangan kirinya kemudian jatuh ke lantai.

Sontak saja, sejumlah pengunjung sidang, termasuk jaksa dan pengacara langsung bergegas mendekati almarhum.

Baca: Bonus Atlet Riau Raih Medali di Asian Games 2018 Hanya Disiapkan Melalui KONI

Baca: VIDEO: Viral Siswi Non Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab di Rohul, Pihak Sekolah Gelar Pertemuan

Rektor UIN Imam Bonjol Eka Putra Wirman yang dibubungi via handphone membenarkan kabar duka tersebut. "Iya benar. Almarhum meninggal dunia sekitar pukul 16.00 WIB," kata Eka kepada tribunpadang.com, Kamis malam.

Alumni Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir tahun 1993 itu menyebut sebelum meninggal, almarhum pinsan saat menjadi saksi kasus dugaan korupsi pengadaan tanah si Pengadilan Negeri Padang. Namun, siapa yang menjadi terdakwa, Eka tak menyebutkannya.

"Saya kaget mendengar kabar almarhum meninggal. Saya turut berduka atas meninggalnya almarhum. Semoga almarhum mendampat terbaik di sisiNya, dan keluarga yang tinggalkan sabar dan tabah," ujarnya.

Sirajuddin Zar lahir tahun 1953 dan merupakan seorang ahli filsafat Islam dan pengajar Indonesia. Sebelum me jadi rektor ke 14 pada 2007 sampai 2011, almarhum menjabat Direktur Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol.

Kemudia. Pad 2011, jabatannya awbagai Rektor kemudian digantikan oleh rektor terpilih Prof. Dr. H. Makmur Syarif, SH. MA. Selama me gabdi di UIN Umam Bonjol, almarhum juga telah menelurkan beberapa karya tulis. Di antaranya, Filsafat Islam, Filosof Dan Filsafatnya, Tasawuf Rasional, dan Konsep Penciptaan Alam.(*)

Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved