Gempa Lombok

VIDEO: Soal Bantuan Keuangan Untuk Lombok, Pemprov Riau Masih Bahas dengan Dewan

Menurut Ahmad Hijazi daerah dianjurkan untuk bantu Lombok (NTB) yang luluh lantak dihantam bencana gempa tersebut

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi baru saja melakukan konsultasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri soal Bantuan keuangan kemanusiaan untuk daerah Nusa Tenggara Barat yang tertimpa Bencana. Prinsipnya menurut Sekda hanya dianjurkan daerah untuk membantu NTB.

"Arahan Mendagri itu tidak wajib, tapi dianjurkan karena memang tidak ada regulasi tapi dibenarkan, "ujar Sekda Ahmad Hijazi kepada Tribun Kamis (30/8).

Menurut Ahmad Hijazi daerah dianjurkan untuk bantu Lombok (NTB) yang luluh lantak dihantam bencana gempa tersebut, sifatnya bisa langsung dianggarkan untuk bantuan rehabilitasi. 

Baca: Kalahkan Densus 88, Polwan Pama Polda Riau Ini Sabet Juara Satu Lomba Menembak Polri

Baca: Video: Dibacok Suami, Wanita Bersimbah Darah Jalan 2 Km Cari Pertolongan di Langgam Pelalawan

" Misalnya dianggarkan untuk rehabilitasi sekolah yang rusak, atau madrasah yang hancur dan Mesjid yang rusak, dibolehkan dan tidak ada aturan yang dilanggar, "ujar Ahmad Hijazi. 

Namun meskipun demikian sifatnya dianjurkan Kementerian Dalam Negeri, Pemprov Riau Belum bisa memutuskan langsung apakah menyalurkan bantuan langsung atau tidak karena masih ada yang harus dipertimbangkan di daerah. 

" Pemprov Riau menganggap itu memang penting, cuma kan kita lihat lagi kondisi APBD Riau saat ini apakah mampu dengan ketersediaan anggaran sekarang, "ujar Ahmad Hijazi. 

Baca: Sandiaga Uno Berkunjung ke Riau, Berikut Rencana Agenda Selama 2 Hari di Bumi Lancang Kuning

Kemudian finalnya lagi lanjut Ahmad Hijazi diputuskan melalui keputusan politik bersama Dewan Provinsi Riau. Karena pemerintah Provinsi saja tidak bisa membuat keputusan tanpa persetujuan dari Dewan. 

"Tapi situasi kita berpikir tergantung komunikasi dengan dewan, dewan sudah tahu itu juga terkait ini, "ujar Ahmad Hijazi.

Sebagaimana diketahui Kementerian Dalam Negeri menyurati Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk berpartisipasi membantu Pemprov NTB menghadapi bencana melalui bantuan keuangan yang dianggarkan di APBD. 

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved