Berita Riau

Kepala Daerah di Riau Khawatir Masalah Perbatasan Picu Konflik di Pileg 2019

Bupati Rokan Hilir Suyatno menyampaikan kekhawatirannya terkait masalah batas wilayah Riau - Sumut

Kepala Daerah di Riau Khawatir Masalah Perbatasan Picu Konflik di Pileg 2019
Dokumentasi
Ilustrasi - Daerah perbatasan. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bupati Rokan Hilir Suyatno menyampaikan kekhawatirannya terkait masalah batas wilayah Riau - Sumut antara Kabupaten Rokan Hilir dengan Kabupaten Labuhan Batu dengan Rokan Hilir dan Labuhan Batu Selatan dengan Rokan Hilir.

"Masalah Perbatasan antara Rohil dengan Sumatra Utara sampai saat ini belum tuntas dan ini bisa menjadi ancaman pada pelaksanan Pemilu nanti, " ujar Suyatno dalam Rakor Kepala Daerah persiapan pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan legislatif 2019 Selasa (4/9/2018).

Baca: Komisi DPRD Rohul Minta Waktu Pembahasan KUA-PPAS 2019 Ditambah

Karena menurut Suyatno pada daerah perbatasan ini juga pihak dari Sumatera Utara sudah mendirikan desa percobaan yang masuk ke wilayah Rokan Hilir bernama Desa Torganda.

"Jadi mereka sudah membangun d esa percobaan di sana dan ini dikhawatirkan memicu permasalahan pada pelaksanaan Pemilu ini, "ujar Suyatno.

Baca: Abdurrahman Pensiun, Walikota Pekanbaru Tunjuk Kabag Tapem Jadi Plt Camat Tenayan Raya

Sehingga Suyatno berharap agar Kementerian Dalam Negeri menuntaskan segera masalah perbatasan antara Riau dan Sumut ini, terutama jelang pelaksanaan Pemilu dan Pilpres mendatang.

"Kami berharap agar agar diselesaikan segera, jangan sampai muncul masalah nantinya di daerah kami," ujar Suyatno. 

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu juga Bupati Siak Syamsuar menyampaikan keluhan soal perbatasan menghadapi pemilu dan Pilpres mendatang.

"Masalah perbatasan Pelalawan dengan Siak sampai sekarang belum tuntas dan kita harapkan bisa selesai segera sebelum Pileg dan Pilpres," ujar Syamsuar.

Karena diakui Syamsuar di daerah perbatasan ini masih banyak yang memiliki KTP yang tidak jelas bahkan ada juga yang memiliki Ktp ganda dua Kabupaten.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved