Berita Riau

VIDEO: Hujan Belum Merata, Kebakaran Masih Terjadi di Rohil

Menurut Edwar Sanger saat ini memang hampir seluruh wilayah di Riau yang sebelumnya sempat dilanda kebakaran

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Satgas Karhutla Riau masih memiliki tanggung jawab untuk tidak terjadi asap selama pelaksanaan Asian Para Games yang rencananya digelar dalam waktu dekat ini. Sebelumnya pelaksanaan Asian Games Riau sukses menekan terjadinya kebakaran dan asap. 

"Kita masih ada tanggung jawab selain sudah menjadi bagian dari tugas kami menjaga pelaksanaan Asian Para Games setelah Asian Games. Tentunya jangan sampai terjadi kebakaran dan terutama asap, "ujar Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau Edwar Sanger kepada Tribun Minggu (9/9).

Baca: CPNS 2018 - Rincian Formasi CPNS Pemkab Inhu, Tenaga yang Dibutuhkan dan Lokasi Ujian

Baca: Usulkan 248 Formasi CPNS 2018, Kemenpan RB Setujui 90 Persen Usulan Kepulauan Meranti

Menurut Edwar Sanger saat ini memang hampir seluruh wilayah di Riau yang sebelumnya sempat dilanda kebakaran sudah bisa dipadamkan. Hanya tersisa beberapa titik di Rokan Hilir terutama di daerah Labuhan Papan Kecamatan Kubu. 

"Satgas Udara masih melakukan Pemadaman dan patroli disana. Karena hujan belum maksimal turun di Rohil. Kalau daerah lain Alhamdulillah sudah merata hujannya, "ujar Edwar Sanger.

Edwar juga mengaku prihatin dengan beberapa wilayah saat ini mulai menghadapi kebakaran hebat seperti di Kalimantan Barat bahkan jarak pandang di kota Pontianak akhir pekan lalu sempat terganggu. 

Baca: Ternyata Ini Pasangan yang Cocok Berdasarkan Zodiak, Leo Butuh Orang yang Beri Pujian

Baca: VIDEO: 27 ASN Pemprov Riau Kasus Tipikor Belum Diberhentikan, Ini Kata Sekdaprov

"Pontianak sudah mulai parah, dan Daerah lain, kita di Riau Alhamdulillah bisa dikendalikan dan walaupun masih ada titik api tinggal pendinginan saja lagi, "ujar Edwar. 

Edwar juga mengaku bersyukur karena dari sisi kekuatan juga Helikopter saat ini sudah dikurangi dari jumlah biasanya enam unit kini hanya tinggal empat unit lagi, sebagiannya dikirim untuk membantu daerah lain. 

"Kerja kami di Riau kan mendapat apresiasi juga dari Presiden, alhamdulillah Riau sudah bisa menjadi percontohan dalam penanganan Karhutla, "ujar Edwar.

Edwar juga berharap agar tahun 2018 ini Riau Kembali bisa catat sejarah bebas asap sebagaimana dua tahun sebelumnya Riau berhasil menekan kebakaran hutan dan lahan serta asap sejak 2016 dan 2017 silam. 

" Kalau tahun ini kita dapat pertahankan, maka kita berhasil mengantisipasi terjadinya asap tiga tahun berturut - turut. Kalau selama ini kan setiap tahun selalu terjadi, dan baru tiga tahun ini tidak ada asap, "ujar Sanger.

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved