Berita Riau

Jika Tarif Batas Bawah Tiket Naik, Asita Bilang Travel Agent Bakal Sesuaikan Harga Paket Perjalanan

Ketua Asita Riau menanggapi desakan Dirut Garuda Indonesia terhadap pemerintah untuk segera mengatur kembali tarif batas bawah tiket pesawat.

Jika Tarif Batas Bawah Tiket Naik, Asita Bilang Travel Agent Bakal Sesuaikan Harga Paket Perjalanan
Ist
Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Desakan Dirut Garuda Indonesia terhadap pemerintah untuk segera mengatur kembali tarif batas bawah tiket pesawat, naik dari 30 persen menjadi 35 persen, ditanggapi oleh Ketua Association of Indonesia Tour and Travel Agency (Asita) Riau, Dede Firmansyah.

Kepada Tribunpekanbaru.com Dede menyebut, desakan Garuda Indonesia yang karena alasan kinerja maskapai penerbangan tidak akan baik jika tarif batas bawah masih rendah karena harga avtur yang tidak lagi sama dengan beberapa tahun lalu, ini sama sekali tidak membuat perusahan biro perjalan rugi.

Baca: Formasi Lengkap CPNS 2018 Pemprov Riau, Inilah Jumlah dan Posisi yang Dibutuhkan

Ia melihat, ini justru akan berdampak terhadap konsumen secara langsung. Dimana konsumen yang berencana melakukan aktivitas perjalanan menggunakan moda transportasi pesawat terbang, mau tidak mau harus membayar harga tiket yang lebih tinggi dari harga yang ada saat ini.

"Kalau harga tiket naik konsumen yang rugi, kita (travel agen, red) kan cuma jualan, berapa pun harga tiket yang ditetapkan maskapai tentu kita ikuti. Kalau konsumen ya mereka harus mengeluarkan biaya lebih lagi untuk tiket jika peraturan ini diterapkan," jelas Dede, Selasa (11/9/2018).

Bila nanti desakan Garuda Indonesia diamini pemerintah menurut Dede, mungkin travel agen bakal menyesuaikan harga paket perjalanan dengan harga tiket terbaru.

Baca: Pengguna WhatsApp Wajib Tahu Informasi Ini, Bakal Ada Update Besar-besaran Lho

Namun ini bukan berarti fasilitas yang selama ini disediakan dikurangi. Bisa saja, Travel agen malah akan memberikan fasilitas yang lebih baik lagi pada peket perjalanan yang ditawarkan.

"Kalau tarif batas bawah tiket pesawat naik dari 30 menjadi 35 persen, pastinya keuntungan bagi travel agen juga bakal meningkat. Travel agen tidak keberatan, tapi konsumen mungkin iya," jelas Dede.

Ia menyebut, jika memang nanti disetujui pemerintah, dan berdampak terhadap paket perjalanan yang diberikan oleh anggota-anggota Asita, Dede bersama asosiasinya itu telah menyiapkan beberapa alternatif bagi masyarakat yang berkinginan melakukan perjalanan menggunakan jasa perusahaan biro perjalanan.

Maksudnya, bila di suatu paket yang disediakan itu dinilai mahal oleh konsumen, Asita pasti akan memberikan alternatif harga paket yang lebih murah dengan destinasi yang berbeda atau sama.

Baca: Ustaz Abdul Somad Berkunjung Pejabat Ini Janji Tidak akan Lakukan Penyimpangan Anggaran

"Kita punya penawaran bervariasi. Yang pasti kita selalu berikan yang terbaik bagi konsumen," ujarnya.

Ia mengaku, tentang desakan maskapai plat merah Garuda Indonesia terhadap pemerintah, sama sekali belum ada sanggahan atau pendapat dari anggota-angota Asita di Riau.

"Sejauh ini kawan-kawan belum ada tanggapan," ujarnya. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help