Berita Riau

Pemprov Sambut Upaya Bukalapak dan APPSI Angkat UMKM Masyarakat

Tim Ekspedisi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan Bukalapak melakukan pertemuan dengan Gubernur Riau Rabu (12/9).

Pemprov Sambut Upaya Bukalapak dan APPSI Angkat UMKM Masyarakat
TribunPekanbaru/Nasuha Nasution
Pertemuan Pemprov Riau dengan APPSI dan Bukalapak  

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Ekspedisi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan Bukalapak melakukan pertemuan dengan Gubernur Riau Rabu (12/9). Pertemuan itu berlangsung di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau.

Gubernur mengatakan kegiatan itu Bukalapak melakukan kerjasama dengan APPSI untuk pengembangan potensi daerah. Termasuk potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Riau.

"Kita sangat mendukung karena ini program kerja dari APPSI yang ketuanya baru Soekarwo," ujar Andi Rachman sapaan akrabnya usai pertemuan tersebut kepada Tribun Rabu.

Dijelaskan Andi Rachman, progam yang dilakukan APPSI dan Bukalapak ini sangat diperlukan oleh pemerintah provinsi. Gubernur sempat memaparkan tentang potensi yang dimiliki Riau.

Baca: Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Nasional

Adapun potensi Riau yang sempat di paparkan oleh gubernur antara lain Riau penghasil CPO terbesar, tempat-tempat wisata, penghasil kelapa terbesar dan Riau yang juga daerah penghasil sagu.

"Hari ini kita dikunjungi dan kita juga buka-bukaan potensi Riau, termasuk inovasi di Riau dan mendukung sekali. Program ini menyentuh UKM dan kerjasama dengan Bukalapak peluang untuk UMKM didalam memasarkan produk," jelas Andi Rachman.

Kemudian, apa yang dicemaskan oleh UMKM selama ini dan dengan berkembangnya warung modern atau mal yang padat modal, tidak perlu lagi dikhawatirkan jika barangnya tidak laku.

Baca: Konflik Nelayan di Rohil, Gubernur Perintahkan Kadis Perikanan Awasi Nelayan di Perbatasan

"Karena Bukalapak bisa memangkas hal ini. Bagi saya dan jajaran perlu menyimak informasi dengan baik dan perlu disikapi karena dunia ini berkembang dengan IT. Sering terjadi perubahan di dalam melaksanakan pembangunan," jelasnya.

Sekarang ini, yang menjadi tujuan dari program itu adalah bagaimana pemerintah memperbaiki diri melayani masyarakat kedepannya. Karena pemerintah berkompetensi dengan daerah yang serius menggunakan IT ini.

"Indonesia bersaing dengan negara berkembang yang IT nya maju. Riau bersaing dengam provinsi lain yang IT nya berkembang. Riau harus menyikapi informasi ini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Nasyuha
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help