Siak

Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Nasional

Setelah meraih juara satu tingkat Provinsi Riau, Puskesmas Sungai Apit Kabupaten Siak kembali dipercaya mewakili Riau ke tingkat nasional

Puskesmas Sungai Apit Masuk 10 Besar Nasional
ist
Petugas Puskesmas Sungai Apit berfoto bersama 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Setelah meraih juara satu tingkat Provinsi Riau, Puskesmas Sungai Apit Kabupaten Siak kembali dipercaya mewakili Riau ke tingkat nasional. Walhasil, Puskesmas masuk nominasi 10 besar tingkat nasional sebagai Puskesmas terpencil berprestasi 2018.

Dari data Kementrian Kesehatan (Kemenkes) ada 9.825 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia. Puskesmas Sungai Apit dipercaya mewakili Provinsi Riau ke tingkat nasional. Menurut rencana pada tanggal 25 hingga 27 September 2018, tim yang terdiri dari Kemenkes RI difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau akan mengunjungi kabupaten Siak dalam rangka untuk melakukan verifikasi.

"Alhamdulillah, Puskesmas Sungai Apit meraih juara satu di tingkat Provinsi, dan kita masuk nominator 10 besar sebagai Puskesmas terbaik tingkat nasional, minta doanya mudah mudahan kita meraih juara satu," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak, R Tonny Chandra, Rabu (12/9/2018).

Kata Tonny lagi, keberhasilan ini berkat peran serta dari semua pihak, masyarakat dan juga pemerintah dearah. Ia mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh Bupati Siak Syamsuar dan semua jajaran yang telah berpartisipasi serta komit terhadap kemajuan dunia kesehatan di Kabupaten Siak.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Drg Hj Sumiarti mengatakan, terpilihnya Puskesmas kecamatan Sungai Apit ini, setelah melalui penilaian. Mulai tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi.

"Kita melihat Puskesmas Sungai Apit ini, standar pelayanannya sangat baik, kemudian sudah beberapa kali meraih penghargaan baik tingkat, provinsi maupun nasioanal, salah satunya tanaman Toga," ungkap Sumiarti.

Dijelaskan Sumiarti, di samping itu juga ada program- program kementrian yang sudah dijalankan dengan cukup baik. Kemudian Puskesmas Sungai Apit sudah teragreditasi. Keberhasilan ini atas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat cukup memuaskan. Sehingga dapat dikatakan manajemen Puskesmas katagori terbaik.

"Kita usulkan Puskesmas ini, karena kita melihat dari indikator penilayan, Puskesmas Sungai Apit mulai dari pelaporan hingga prestasi yang di peroleh baik tingkat provinsi dan tingkat nasional, salah satu modal kita untuk mengikut sertakan," terang Sumiarti.

Pengumuman penilaian tingkat nasional ini, akan diumumkan pada cara Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 November 2018. Harapannya, penilaian Puskesmas berprestasi ini, akan menjadi motivasi bagi Puskesmas lain yang ada di kabupaten Siak, agar terus meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat, dan terus berinovasi. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved