Pekanbaru

Prodi Teknik Otomotif Umri Lakukan Pengabdian Masyarakat

Tim Pengabdi Prodi Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Telkom Pekanbaru

Prodi Teknik Otomotif Umri Lakukan Pengabdian Masyarakat
Tribun Pekanbaru/ist
Prodi Teknik Otomotif Umri Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMK Telkom Pekanbaru 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Zul Indra

TRIBUPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Pengabdi Prodi Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Telkom Pekanbaru pada Kamis (13/9/2018).

Kegiatan itu diikuti 50 orang peserta, terdiri dari Mahasiswa dan dosen.

Menurut Ketua Pelaksana, Jusnita  pengabadian masyarakat adalah suatu kegiatan yang berfungsi membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Baca: Dispora Riau Akan Bawa 116 Atlet Untuk Popwil 2018 di Aceh

Baca: Kades Petapahan Harapkan Hutan Adat segera Ditetapkan

Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat,"ucapnya

Dosen Teknik Otomotif Umri ini menambahkan, tujuan dari pengabdian masyarakat mereka adalah menciptakan inovasi teknologi sehingga dosen bisa menerapkan hasil dari penelitiannya dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kata Jusnita pengabdian yang diberikan kepada masyarakat untuk tahap ini adalah hasil penelitian beliau yang sudah di aplikasikan pada sepeda motor. 

Baca: Sukiman Tandatangani MoU dengan UGM Yogyakarta tentang Penelitian

Baca: Jelang Pemilu 2019, Wako Dumai Ajak Masyarakat Jangan Terpancing Hoax

Penelutian tersebut menghasilkan performa mesin meningkat dan emisi gas buangnya masih dibawah standar emisi gas buang yang ada di Indonesia.

Alasan membuat penelitian tersebut adalah karena masyarakat sekarang ini sedang menghadapi krisis BBM dan limbah salah satunya adalah sampah limbah plastik.

"Limbah otomotif kembali ke otomotif seperti limbah botol oli yang dijadikan BBM limbah plastic,"ucapnya.

Salah satu dosen Teknik Otomotif Denur mengatakan, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat itu, hal ini dapat lihat dari jumlah peserta yang ikut sebanyak 50 orang dan Pengabdian masyarakat ini sengaja diadakan di sekolah-sekolah Menengah Atas (SMK) karena disamping mempromosikan UMRI dan Jurusan Teknik Otomotif.

Menurut Kepala Sekolah SMK Telkom Pekanbaru, acara pengabadian masyarakat itu tidak cukup sampai disana saja, jika bisa berkelanjutan untuk kedepannya.

Tim pengabdian masyarakat Teknik Otomotif UMRI mengucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara  pelaksanan pengabdian itu. (*)

Penulis: Zul Indra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help