Riau

Gubernur Segera Serahkan SK Tapal Batas Kabupaten di Riau

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi rencananya akan menyerahkan SK tapal batas kabupaten ke masing-masing bupati di Provinsi Riau

Gubernur Segera Serahkan SK Tapal Batas Kabupaten di Riau
ist
sengketa tapal batas 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi rencananya akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) tapal batas kabupaten ke masing-masing bupati di Provinsi Riau pada Senin (17/9/2018).

SK ini sebagai dasar untuk tapal batas bagi daerah dan bisa menghindari adanya konflik lahan dan konflik perbatasan.

Pemerintah Provinsi Riau telah menerima tujuh SK tapal batas antar kabupaten dan provinsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Prapat, Sumatera Utara (Sumut).

Baca: KPU Riau Umumkan Batasan Sumbangan Dana Kampanye, Parpol Boleh Terima Minimal Rp 750 juta

Baca: Kejari Kampar Akui ASN Koruptor Masih Terima Gaji

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan setelah diterima dari Mendagri maka sebagaimana diagendakan pada Senin (17/9) SK tersebut akan diserahkan provinsi ke kabupaten bersangkutan.

"Senin besok langsung diserahkan pak Gubernur ke masing-masing Bupati yang bersangkutan,"ujar Ahmad Syah Harrofie kepada Tribun.

Untuk diketahui tujuh SK Mendagri itu tiga diantaranya batal batas antar kabupaten yakni Bengkalis - Siak, Pekanbaru - Siak - Pelalawan, dan Indragiri Hulu - Kuansing.

Kemudian empat SK Mendagri lagi, tapal batas provinsi antara Riau dan Sumut. Meliputi Labuhan Batu - Rokan Hilir (Rohil), Labuhan Batu Selatan - Rohil, Padang Lawas - Rokan Hulu (Rohul) dan Padang Lawas Utara -Rohul.

Ahmad Syah mengatakan dengan diserahkan SK tersebut maka Riau sudah memiliki tapal batas yang final dan sah, baik itu batas kabupaten/kota maupun dengan provinsi tetangga.

Baca: BKD Meranti Imbau Warga Waspadai Modus Penipuan saat Pendaftaran CPNS 2018

Baca: Besok 10 Atlet Tinju Riau Berangkat ke Jakarta Ikut Kejurnas Junior 2018

"Dengan adanya SK itu kita harapkan tidak ada lagi persoalan kependudukan, ekonomi, dan sosial budaya yang berimbas juga masalah politik," ujarnya.

Sebenarnya lanjut Ahmad Syah masih banyak masalah tapal batas lain yang belum tuntas di Riau, terutama batas antara Kabupaten di Riau.

Diantaranya tapal batas Pekanbaru - Kampar, Pekanbaru - Siak, Dumai Rohil, Rokan Hulu - Kampar dan Pelalawan - Siak.

Menurut Ahmad Syah semuanya sedang dilakukan pembahasan dan akan dituntaskan secepatnya sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

"Masih dalam pembahasan dan penyelesaian, ada juga yang masuk tahap mediasi antara daerah Kabupaten bersangkutan, "jelas Ahmad Syah. (*)

Penulis: Nasyuha
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help