Pelalawan

Karhutla di Pangkalan Kerinci dan Ukui Berhasil Dipadamkan, Tiga Hektar Lebih Lahan Hangus

Karhutla yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Pelalawan sepekan terakhir mulai dapat diatasi.

Karhutla di Pangkalan Kerinci dan Ukui Berhasil Dipadamkan, Tiga Hektar Lebih Lahan Hangus
Tribun Pekanbaru/Johanes Tanjung
Petugas melakukan pendinginan dan patroli di lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Lingkar Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Sabtu (15/9/2018). 

Laporan wartawan tribunpelalawan.com, Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Pelalawan sepekan terakhir mulai dapat diatasi. Berkat kerja keras personil dari tim gabungan pemadaman Karhutla.

Karhutla yang terjadi di Jalan Lingkar Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci yang sudah empat hari dilalap api, berhasil dipadamkan tim gabungan yang sudah berjibaku.

Si Jago Merah dijinakan dan tidak lagi mengeluarkan asap maupun bara api. Tinggal menyisakan tunggu kayu bekas terbakar serta semak belukar yang telah gosong.

"Luasnya kira-kira tiga hektar lebih. Kemarin sudah pendinginan dan semuanya telah clear," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada tribunpelalawan.com, Minggu (16/9/2018).

Baca: Klasemen 2 2018, PSPS Naik Dua Peringkat, Jauhi Zona Degradasi

Demikian juga dengan Karhutla yang terjadi di lahan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui.

Api berhasil dipadamkan tim gabungan yang dikonsentrasikan ke lokasi kebakaran. Lahan yang merupakan tanah mineral tidak sulit memadamkannya. Hanya saja persediaan air di lokasi Karhutla yang menjadi hambatan.

Tim gabungan sempat meminta bantuan Helikopter Water Bombing (WB) di dua lokasi ini sebelumnya. Memang sumber air menjadi persoalan utama bagi tim pemadam karhutla.

Sebab parit maupun kanal mengering akibat kermarau panjang yang terjadi. Hingga tim mencari sumber air yang jauh dari titik terbakar.

Baca: Pengedar Berumur Setengah Abad di Desa Rambah Hilir Diringkus Polres Rohul

Lahan yang dihanguskan api di lokasi ini seluas tiga hektar lebih.

"Sekarang kita konsentrasi di Desa Penarikan, Langgam. Sampai sekarang masih upaya pemadaman. Heli WB juga ikut main disana kemarin," tandasnya. (*)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved