Pileg 2019

KPU Riau Umumkan Batasan Sumbangan Dana Kampanye, Parpol Boleh Terima Minimal Rp 750 juta

KPU Riau mengumumkan batasan sumbangan dana kampanye, parpol di Riau boleh terima sumbangan dana kampanye minimal Rp 750 juta

KPU Riau Umumkan Batasan Sumbangan Dana Kampanye, Parpol Boleh Terima Minimal Rp 750 juta
Grafis Tribun Pekanbaru/Didik Ahmadi
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengumumkan batasan sumbangan dana kampanye, partai politik (parpol) di Riau boleh terima sumbangan dana kampanye minimal Rp 750 juta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan batasan penerimaan sumbangan dana kampanye di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, yang wajib ditaati oleh peserta Pemilu 2019.

Untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, parpol hanya boleh menerima maksimal Rp 750 juta dari perseorangan, sedangkan dari badan hukum maksimal bisa menyumbangkan sebanyak maksimal Rp 1,5 miliar.

Baca: Hasil Liga Italia Serie A, AS Roma Bermain Imbang dengan Chievo 2-2, Juventus Kokoh Posisi 1

Baca: Siapa Sosok yang Disuruh Hotman Paris untuk Ambil Foto dan Video Bersama Wanita Seksi? Ternyata

Sedangkan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), setiap parpol hanya bisa menerima Rp 2,5 miliar, jika pemberi merupakan perseorangan. Kemudian Rp 25 Miliar maksimal dari sebuah badan hukum atau kelompok.

Salah seorang Komisioner KPU Riau, Ilham M Yasir mengatakan, walau aturan di PKPU mengatur batasan dana kampanye, namun untuk pengeluaran sama sekali tidak dibatasi.

"Yang dibatasi hanya penerimaan dana kampanye, sedangkan untuk pengeluaran tidak dibatasi. Beda dengan Pilkada, yang mana pengeluaran dana kampanye ada batasnya," kata Ilham kepada Tribun, Minggu (16/9).

Ilham juga mengatakan, setiap parpol juga harus menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK).

Baca: Kejari Kampar Akui ASN Koruptor Masih Terima Gaji

Baca: BKD Meranti Imbau Warga Waspadai Modus Penipuan saat Pendaftaran CPNS 2018

"Kami akan menyediakan sanksi bagi parpol yang tidak menyerahkan LADK, LPSDK dan LPPDK, dengan pembatalan seluruh Caleg terpilih dari parpol yang melanggar," imbuhnya.

Untuk laporan awal dana kampanye tersebut, disertai dengan laporan sumbangan dana kampanye diserahkan ke KPU paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan kampanye, yaitu 22 September 2018.

Sementara itu, laporan akhir dana kampanye, diserahkan ke KPU satu hari setelah berakhirnya masa kampanye, yaitu 14 April 2019.

Laporan akhir dana kampanye berisi mengenai penerimaan dan pengeluaran pasangan calon dan partai politik selama kampanye. (*)

Penulis: Alex
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved