Home »

Video

Kampar

VIDEO: Bupati sampai Kepala Daerah dari Sumbar Hadiri Pengukuhan IKMR dan IWMR Kampar

Pelantikan dihadiri oleh Bupati Kampar, Azis Zaenal. Acara ini juga menjadi momen pertemuan Azis dengan

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Pengurus Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) dan Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) Kabupaten Kampar periode 2018-2023 dikukuhkan di Gedung Mahligai Bungsung, Islamic Centre, Bangkinang Kota, Sabtu (15/9/2018) malam.

Ketua IKMR Kampar, Fahmil dan fungsionaris dilantik oleh Ketua I IKMR, Nurzahedi. Sedangkan Ketua IWMR Kampar, Zoraida dan fungsionaris dilantik oleh Ketua IWMR, Rosmiati Rustam.

Pelantikan dihadiri oleh Bupati Kampar, Azis Zaenal. Acara ini juga menjadi momen pertemuan Azis dengan empat Kepala Daerah dari Sumatera Barat yang berkesempatan hadir. 

Baca: VIDEO: Ikuti Simulasi CAT CPNS 2018, Peserta Ngaku Dapat Trik Cara Jawab Soal

Mereka adalah Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Wakil Bupati Tanah Datar, Zulfadri Darma dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. Panitia yang diketuai Suhaimi Nazar memberi kesempatan kepada Azis, Mahyeldi dan Irfendi menyampaikan sambutan.

Selain itu, Ketua DPRD Kampar, Ahmad Fikri juga hadir. Kemudian Ketua DPRD Tanah Datar, Sumatera Barat, Anton Yondra. Di samping Kepala Kepolisian Resor Kampar, AKBP. Andri Ananta Yudhistira serta unsur Forkopimda lainnya.

Masyarakat Minang di Kampar dan para tamu undangan memadati Gedung Mahligai Bungsu tersebut. Pelantikan diisi dengan beberapa pertunjukan seni khas Minang. Mulai dari Tari Persembahan, Tari Piring sampai tembang Minang. Seni Melayu juga ikut membuat susunan acara menjadi padat. 

Baca: VIDEO: Ambulans Disuruh Berhenti saat Konvoi Mobil Mewah Melintas, Polisi Ungkap Fakta Ini

Fahmil menyebutkan, warga Kampar tak kurang dari 150.000 orang adalah suku Minang. Mereka hidup dengan berbagai profesi. Ia mengaku tidak ada diskriminasi suku di Kampar.

"Suku adalah fitrah. Hak dan kewajiban masyarakat bersuku Minang sama dengan suku-suku lain," kata Fahmil. Ia berharap toleransi dalam perbedaan tetap terjaga di Kampar. 

Sebelumnya, Nurzahedi atau lebih akrab dikenal dengan Edi Tanjung menyebutkan IKMR sudah ada selama 18 tahun setelah berganti nama dari Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Riau. "Dulu namanya IKSB. Pada tahun 2000, para tokoh masyarakat berkumpul di Pekanbaru dan sepakat mengganti nama menjadi IKMR," ujar Edi Tanjung.

Kepengurusan telah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Riau. Edi Tanjung menyebutkan, IKMR sudah memiliki 54 kepengurusan. Mulai dari 12 kabupaten/kota se-Riau sampai tingkat kecamatan. Sedangkan IWMR sudah ada di tiap kabupaten/kota.

Baca: Jasad Nenek Ditemukan Warga Rangsang Dekat Pelabuhan, Polisi Ungkap Fakta Ini

Bupati Azis dalam sambutannya mengharapkan warga Minang masyarakat Kampar ikut berkontribusi membangun Kampar. Ia memuji jiwa enterpreneurship warga Minang. "Jumlah pengusaha di Indonesia masih 2 persen. Hampir 80 persen di antaranya adalah orang Minang," ujarnya. Menurut dia, ini patut dicontoh.

‎Mahyeldi dan Irfendi meminta IKMR dan IWMR Kampar dapat membantu program Bupat. Mereka berpesan orang Minang harus memberi kontribusi yang positif bagi Kampa. 

Pagi sebelum malam pelantikan, Panitia menggelar gerak jalan santai yang dimeriahkan dengan bermacam hadiah (doorprize). Jalan santai diikuti ratusan masyarakat. Termasuk sejumlah pejabat Kampar dan anggota DPRD. (*)‎

Penulis: nando
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help