Indragiri Hilir

PT SRL Turunkan 100 Personil Membantu Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Kempas

Sebanyak 100 personil tim pemadam kebakaran diturunkan PT SRL di lahan masyarakat Desa Pekan Tua Inhil.

PT SRL Turunkan 100 Personil Membantu Tim Gabungan Padamkan Karhutla di Kempas
Istimewa
Tim pemadam kebakaran PT SRL melakukan pemadaman kebakaran di Dusun Bahagia, Desa Pekan Tua, Kabupaten Inhil, Kamis (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, KEMPAS – Sebanyak 100 personil tim pemadam kebakaran diturunkan PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) di lahan masyarakat Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Personil PT SRL yang diturunkan bahu membahu berjibaku membantu tim gabungan yang terdiri dari, BPBD Inhil, Polsek Kempas, serta Upika Kecamatan Kempas berupaya memadamkan kebakaran lahan di Dusun Bahagia, Desa Pekan Tua.

Baca: Jadwal & Live MNCTV Timnas Indonesia U16 vs Australia: Berikut Prediksinya

Kepala Desa Pekan Tua, Ibnu Sofyan menuturkan, kebakaran lahan melanda perkebunan masyarakat diduga kuat karena adanya upaya pembukaan lahan oleh oknum masyarakat yang berada lebih kurang sejauh 3 km di luar konsesi PT SRL.

“Guna memadamkan api, PT SRL telah mengerahkan alat pemadaman yang terdiri dari 4 pompa induk, 10 pompa portabel dan juga 2 unit alat berat,” ujar pria yang akrab disapa Ibnu tersebut melalui keterangan yang diterima Tribuntembilahan.com, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Ibnu, kendala yang terjadi saat ini adalah hembusan angin yang cukup kuat di lokasi terjadinya kebakaran lahan.

“Selain kegiatan pemadaman yang dilakukan di darat, helikopter BPBD dan perusahaan APRIL juga melakukan upaya water bombing di lokasi terjadinya kebakaran lahan,” imbuh Ibnu.

Baca: Walinagari di Dharmasraya Nyatakan Dukung Jokowi-Maaruf, Pengamat Politik Ini Sebut Blunder Politik

Mengenai jumlah luasan kebakaran yang terjadi, dikatakan Ibnu, pihaknya belum bisa memperkirakan, karena saat ini masih fokus pada usaha pemadaman.

“Tim masih berjibaku melakukan pemadaman dan pembuatan sekat bakar di lokasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Kamis (20/9/2018), PT SRL telah melakukan pemadaman Kebakarwn hutan dan lahan (Karhutla) di lokasi yang berdekatan dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat ini dan telah berhasil dipadamkan.

Namun, Selasa (25/9/2018), patroli damkar PT SRL menemukan Karhutla di TKP yang sebelumnya berhasil padam tersebut. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help