Indragiri Hilir

Petani Inhil Korban Hama Kumbang PT BPLP Terima Bantuan Bibit dari Perusahaan

Petani kelapa di Inhil yang menjadi korban hama kumbang PT BPLP akhirnya menerima bantuan bibit kelapa dan pinang dari perusahaan tersebut

Petani Inhil Korban Hama Kumbang PT BPLP Terima Bantuan Bibit dari Perusahaan
Tribun Pekanbaru/ist
Petani Inhil Korban Hama Kumbang PT BPLP Terima Bantuan Bibit dari Perusahaan 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, RETEH - Petani kelapa di Indragiri Hilir (Inhil) yang menjadi korban hama kumbang PT Bumi Palma Lestari Persada (BPLP) akhirnya menerima bantuan bibit kelapa dan pinang dari perusahaan tersebut.

Berkat mediasi pemerintah setempat bersama pihak perusahaan dan masyarakat, akhirnya perusahaan bersedia memberikan bantuan kepada masyarakat yang lahannya terkena hama kumbang dengan dana CSR perusahaan.

Dengan bantuan ini, masyarakat sangat berterima kasih terhadap iktikad baik perusahaan untuk permasalahan hama kumbang yang menimpa lahannya.

Baca: Live Streaming Liga 2 2018 via Youtube Blitar United vs PSS Sleman Pukul 19.00 WIB Saat Ini

Baca: Warga Binaan Pertamina di Inhil Hasilkan 200 Kilogram Gambas Per Hari

Menurut Komaruddin, pola ganti rugi yang diterapkan kali ini sangat menguntungkan masyarakat ke depannya.

“Bantuan ini kami terima dengan senang hati. Pola ini kami ambil karena melihat kedepannya, dibandingkan dengan perusahaan yang hanya mengganti rugi lahan kami yang terkena hama kumbang,” ujar masyarakat Desa Seberang Sanglar ini usai penyerahan bibit secara simbolis oleh Sekda Inhil H. Said Syarifuddin di PT BPLP, Kecamatan Reteh, Kamis (4/10/2018).

Langkah yang dilakukan oleh pihak perusahaan juga di apresiasi oleh Sekda Inhil, H. Said Syarifuddin karena telah melaksanakan tuntutan perbaikan kebun masyarakat yang terkena hama kumbang beberapa waktu yang lalu.

“Telah di sepakatinya mediasi tersebut, kita berharap persoalan antara masyarakat dengan perusahaan bisa selesai dan kedepannya diharapkan perusahaan dapat mengatasi permasalahan hama kumbang,” harap Sekda yang hadir menyerahkan bantuan didamping Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil Drs. H. Afrizal, MP, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil, Drs. H. Eddiwan Shasby,MM serta Camat Reteh, M. Rapi.

Baca: Anggapan Anjing Punya Kecerdasan di Atas Rata-Rata Ternyata Salah, Anjing Hanya Cocok Lakukan Ini

Baca: Nadia Murad Raih Nobel Perdamaian 2018: Begini Kisah Lengkap Mantan Budak Seks ISIS Itu

Selain itu Sekda juga berharap agar penggunaan dana CSR dari perusahaan dapat disalurkan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat, antara lain seperti pembangunan sekolah, pesantren, pembangunan jalan dan sebagainya.

Lebih rinci pihak Perusahaan PT Bumi Palma Lestari Persada, Tri Mawarno menerangkan, perusahaan memberikan bantuan bibit pinang sebanyak 91.688 batang dan bibit kelapa sebanyak 26.988 batang untuk 173 Hektar lahan masyarakat yang terkena hama kumbang, antara lain di Parit Sumber Hayat, Parit Sumber Jaya, Parit 1, Parit2, Parit 3 desa Seberang Sanglar kecamatan Reteh.

Selain itu perusahaan juga memberikan bantuan pembiayaan penebasan lahan dan penanamannya serta bantuan normalisasi parit.

“Perusahaan memiliki iktikad baik untuk menyelesaikan masalah lahan masyarakat yang terkena hama kumbang dengan cara memberikan bantuan penanaman kembali agar menjamin masa depan anak maupun cucu,” pungkasnya. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved