Citizen Report

Berikan Pengetahuan tentang Perawatan Lansia yang Berpenyakit Sendi

Tim Pengabdian Fakultas Keperawatan UNRI berikan pengetahuan tentang perawatan lanjut usia (Lansia) berpenyakit sendi kepada masyarakat

Berikan Pengetahuan tentang Perawatan Lansia yang Berpenyakit Sendi
Tribun Pekanbaru/ist
Tim Pengabdian Fakultas keperawatan Universitas Riau Berikan Pengetahuan tentang Perawatan Lansia yang Berpenyakit Sendi 

Citizen Journalism Oleh: Ari Pristiana Dewi

TRIBUNPEKANBRAU.COM, PEKANBARU - Tim Pengabdian Fakultas Keperawatan Universitas Riau (UNRI) memberikan pengetahuan tentang perawatan lanjut usia yang berpenyakit sendi kepada masyarakat di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Tim Pengabdian Fakultas Keperawatan UNRI melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pelatihan dan penyuluhan kesehatan pada kader kesehatan dan masyarakat khususnya lansia dan keluarga.

Masalah kesehatan yang sering dialami lansia di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar yaitu penyakit sendi.

Baca: VIDEO: Live Streaming Persib Bandung Vs Madura United Liga 1 2018 Pukul 18.30 WIB, Live Indosiar

Baca: Sering Dampingi Ustaz Abdul Somad Ternyata Inilah Sosok Pria yang Bikin Penasaran Netizen

Masyarakat kurang memahami tentang perbedaan penyakit asam urat dan rematik yang merupakan salah satu jenis penyakit nyeri sendi di masyarakat yang dapat disebabkan karena perilaku (gaya hidup) kurang sehat dalam menjaga pola makan.

Penyakit asam urat dan rematik memerlukan perawatan yang berbeda, sehingga dengan adanya penyuluhan kesehatan tentang perawatan lansia dengan penyakit nyeri sendi dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan keluarga merawat lansia dengan penyakit nyeri sendi.

Selain itu, tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan tentang Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan tercapainya perilaku (gaya hidup) sehat pada penderita dan keluarga dan mencegah akibat lanjut dari penyakit asam urat (gout artritis) dan rematik pada keluarga.

Baca: Ini Sangkaan Pasal dan Ancaman Hukuman Buat Jony Boyok, Tersangka Dugaan Penghinaan UAS

Baca: Mesum dengan Istri Rekan Tentaranya, Idi Amin si Diktator Uganda Lari Tanpa Busana

Harapannya, masyarakat dapat meningkatkan status kesehatan lebih optimal.

Kegiatan yang telah dilakukan pada kader kesehatan yaitu diskusi tentang posbindu dan demonstrasi pelaksanaan posbindu dengan narasumber Ns Herlina MKep SpKepKom.

Ketua Bidang Promosi Kesehatan Lansia Puskesmas menyatakan bahwa kegiatan penyegaran Posbindu yang dilakukan oleh Tim Unri sangat bermanfaat bagi kader sehingga para kader memiliki informasi terbaru dan lengkap dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia.

Sedangkan kegiatan yang telah dilakukan pada keluarga dan lansia meliputi pemeriksaan kesehatan yaitu tanda-tanda vital dan pemeriksaan asam urat sebagai usaha deteksi dini atau penemuan kasus, penyuluhan kesehatan tentang perbedaan asam urat dengan rematik, dan penatalaksanaan diet sebagai salah satu terapi non farmakologis mengatasi penyakit nyeri sendi.

Baca: VIDEO: Live Streaming Borneo FC vs Persipura Jayapura Liga 1 2018, Kick Off Pukul 15.30 WIB

Baca: Terkait Box Culvert Jalan Ukui, Komisi III DPRD Pelalawan Ingatkan Perusahan Ini

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ns Ari Pristiana Dewi MKep menyatakan bahwa, dengan kegiatan pengabdian ini, diharapkan agar kader kesehatan mampu melakukan kegiatan Posbindu setiap bulannya secara rutin di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, sehingga dapat mengoptimalkan perawatan lansia yang memiliki masalah kesehatan. (*)

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved