Dumai

Kejari Dumai Musnahkan Barang Bukti Perkara Hingga September 2018

Pihak Kejari Dumai memusnahkan barang dari puluhan perkara yang sudah in kracht dari Januari hingga September tahun 2018.

Kejari Dumai Musnahkan Barang Bukti Perkara Hingga September 2018
Kejari Dumai Musnahkan Berbagai Macam Barang Bukti Perkara sepanjang 2018 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI - Pihak Kejari Dumai memusnahkan barang dari puluhan perkara yang sudah in kracht dari Januari hingga September tahun 2018.

Mereka melakukan pemusnahan di areal Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mekar Sari, Selasa (9/10/2018). Mereka membakar seluruh barang bukti dalam perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Barang yang dimusnahkan berupa rokok tanpa cukai, ponsel ilegal, obat kuat, kosmetika, ball pakaian bekas, jaring penangkap ikan berupa jaring trawl hingga narkoba.

Baca: Jadwal Liga 2 Persika Karawang vs Persita Tangerang 15.30 WIB, Antara Degradasi & Lolos 8 Besar

Seluruh barang bukti ini menumpuk di sana. Api berkobar di sekelilingnya hingga asap membubung tinggi.

Barang bukti adalah hasil pengungkapan dari berbagai instansi. Namun pihak kejari tidak bisa menaksir nilai barang bukti yang dimusnahkan.

Asap tampak membubung tinggi di areal TPA Mekar Sari, Kota Dumai, Selasa (9/10/2018). Pihak Kejari Dumai membakar barang bukti hasil pengungkapan dari Januari hingga September 2018.
Asap tampak membubung tinggi di areal TPA Mekar Sari, Kota Dumai, Selasa (9/10/2018). Pihak Kejari Dumai membakar barang bukti hasil pengungkapan dari Januari hingga September 2018. (Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang)

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Dumai, Yunius Zega mengatakan bahwa barang bukti yang dimusnahka berasal dari 74 perkara pidana umum yang terungkap selama 2018. Mayoritas pelaku sudah menjalani proses hukum.

Zega mengatakan bahwa barang bukto terbanyak yakni ball pakaian bekas impor ilegal. Banyaknya mencapai 780 ball pakaian bekas.

"Jadi kami memusnahkan barang bukti ini karena sudah berkekuatan hukum tetap," terangnya.

Baca: Sudah Daftar CPNS 2018, Siapkan Diri untuk Tes CAT, Download Contoh Soal Tes CPNS 2018 di Sini!

Barang bukti tidak cuma perkara pidana umum. Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Dumai, Jendra Firdaus menyebut bahwa barang bukti dari dua perkara pidana khusus turut dimusnahkan.

Mereka menangani pengungkapan rokok tanpa cukai sebanyak 119 karton. Mereka juga menangani perkara penyelundupan obat kuat. Barang ini sudah musnah tidak bersisa di areal TPA.

Kepala Kejari Dumai, Mat Perang Yusuf mengatakan bahwa pemusnahan ini adalah bentuk kerjasama dalam mencegah aksi penyelundupan. Ia menyebut selama ini sinergi Kejari Dumai dengan aparat di Kota Dumai. (*)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help