Pekanbaru

Miris Lihat Kasus Kekerasan Perempuan, Roem Diani Dewi Bentuk LPA Kota Pekanbaru 

Sebagai kota Metropolitan yang terus berkembang tingkat kriminal dan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Pekanbaru menjadi tinggi.

Miris Lihat Kasus Kekerasan Perempuan, Roem Diani Dewi Bentuk LPA Kota Pekanbaru 
istimewa
Roem Diani Dewi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebagai kota Metropolitan yang terus berkembang tingkat kriminal dan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Pekanbaru menjadi tinggi.

Kondisi ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi Wakil Rakyat Kota Pekanbaru Roem Diani Dewi.

Berasal dari kaum perempuan tentu bagi Roem Diani Dewi melihat tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan di daerahnya menjadi masalah yang harus diperhatikan dengan serius.

Ia tidak bisa melihat masalah ini berlarut dan makin banyak korban jika dibiarkan terus dari kalangan perempuan dan anak di Kota Pekanbaru.

Baca: Ramalan Zodiak 12 Oktober 2018, Libra Jangan Sedih, Biarkan Dia Sendiri, Leo Tersenyumlah

Roem Diani Dewi
Roem Diani Dewi (istimewa)

Berdasar dari keprihatinan inilah Roem Diani Dewi berjuang untuk mendapatkan hak dan perlindungan perempuan di Kota Pekanbaru. Karena selama ini banyak kasus namun terkesan kurang mendapatkan perlindungan.

"Bayangkan tahun 2017 saja kasus kekerasan terhadap perempuan yang melaporkan diri angkanya sudah mencapai 90 orang, tentu kita miris melihat kondisi ini, "ujar wakil rakyat Kota Pekanbaru ini bercerita kepada Tribun.

Bahkan jumlah ini lanjut Roem Diani Dewi jauh lebih banyak lagi, karena itu baru yang berani melaporkan diri karena kekerasan yang dilakukan kaum laki-laki tersebut.

"Yang belum lapor lebih banyak lagi. Mereka takut untuk melaporkan diri, bisa saja karena terancam dan lainnya, "ujarnya.

Baca: Belum Ada Pernyataan Resmi dari BKN Soal Teknis dan Sistem Pelaksanaan Ujian CPNS 2018

Dengan semangat untuk perlindungan kaum wanita tersebut, Roem Diani Dewi akhirnya membentuk Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Pekanbaru yang melindungi hak kaum perempuan dan anak.

"Karena tingkat kekerasan pada perempuan dan anak ini semakin hari semakin banyak. Baik itu pelecehan seksual pornografi dan mempekerjakan anak dan narkoba sangat mengkhawatirkan sekali, makanya saya bentuk LPA tingkat Pekanbaru, "ujarnya.

LPA ini melakukan pendampingan dan perlindungan pada kaum wanita dan anak terutama yang menghadapi masalah hukum dan kekerasan.

Baca: 7 Kecamatan di Pasaman Dilanda Banjir, Ratusan Rumah Warga Terendam

"Di Pekanbaru banyak kejadian pelecehan dan kekerasan dan saya juga berjuang menggesa Perda di Pemko untuk Perda kekerasan terhadap perempuan dan anak diterbitkan,"ujarnya.

Selain membentuk LPA, Roem Diani Dewi juga saat turun je masyarakat selalu menyampaikan kepada kaum perempuan untuk bisa menjadi wanita hebat dan tentunya terhindar dari korban kekerasan.

Selain fokus pada perjuangan kaum hawa, Roem Diani Dewi juga sering melatih para ibu-ibu untuk menjadi ibu kreatif.

"Misalnya melatih ibu buat kue, dan pelatihan koperasi, karena kaum perempuan ini harus punya kreasi dan bisa bantu keuangan keluarga," jelasnya.

Baca: Baliho Caleg Bertebaran, Bawaslu Kampar Tak Berwenang Menindak

Penulis: Nasyuha
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help