Indragiri Hulu

Panen Raya di Desa Redang, Yopi Minta Cetak Sawah Diperhatikan

Panen Raya di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Bupati Inhu, Yopi Arianto meminta cetak sawah diperhatikan

Panen Raya di Desa Redang, Yopi Minta Cetak Sawah Diperhatikan
Tribun Pekanbaru/Binton Simanungkalit
Panen Raya di Desa Redang, Yopi Minta Cetak Sawah Diperhatikan 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Panen Raya di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Yopi Arianto meminta cetak sawah diperhatikan.

Pada saat pelaksanaan panen raya tersebut, tampak hadir sejumlah pejabat, diantaranya Kepala Satpol PP Inhu, Boby Rachmat, dan juga Dandim 0302 Inhu, Letkol ARH Hendra Roza SIP, Kapolsek Rengat Barat, Kompol Bujang Suryadi, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Inhu, Paino, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Inhu, Morhan Tambunan dan Kepala Bulog Inhu, Parningotan Panjaitan.

Baca: Kapitra Ampera Ultimatum Amien Rais Minta Maaf pada Kapolri, Jika tidak Ini yang Terjadi

Baca: Ramalan Zodiak 12 Oktober 2018, Libra Jangan Sedih, Biarkan Dia Sendiri, Leo Tersenyumlah

Pada sambutan Bupati Inhu, Yopi Arianto yang dibacakan oleh Kasatpol PP Inhu, Boby Rachmat disampaikan bahwa lahan cetak sawah sudah diupayakan mencapai 3.488 hektar dan salah satunya berada di Desa Redang yang mempunyai dua kelompok tani yaitu, Kelompok Tani Mekar Jaya dan Kelompok Tani Beringin Jaya.

Boby juga menyampaikan pesan Bupati Inhu agar kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait memperhatikan persoalan yang menghambat proses cetak sawah di Inhu.

"Bupati dalam suratnya meminta kepada OPD terkait serta pihak kecamatan setempat agar permasalahan bidang cetak sawah dapat diperhatikan, diantaranya masalah alih fungsi lahan, irigasi yang belum memadai, lalu lintas alat-alat pertanian, serta memperbaiki pintu-pintu masuk air," katanya.

Sementara itu Kepala Distankan Inhu, Paino menerangkan bahwa panen raya di Desa Redang ini merupakan yang kedua kalinya. "Pada tahun 2015 yang lalu Desa Redang juga melakukan panen raya padi sawah oleh Kelompok Tani Mekar Jaya dan ini yang kedua kalinya," katanya.

Baca: Jangan Salah Pilih, 3 Hape Realme Berikut Ini Miliki Spek dan Harga yang Berbeda Lho

Baca: Kalahkan Bengkalis di Final, Pekanbaru Juara Satu Kejurda Futsal Pelajar 2018

Paino melanjutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu berkerjasama dengan Provinsi Riau terus melakukan upaya pengembangan pertanian, diantaranya peningkatan indeks tanaman, melaksanakan cetak sawah baru, serta upaya khusus peningkatan program padi, jagung dan kedelai, yang menjadi sasaran tahun 2018 ini luas lahan 3900 hektar.

Dandim 0302 Inhu Letkol ARH Hendra Roza, SIP dirinya baru pertama kali mengikuti acarara panen raya padi sawah di Kabupaten Inhu. Pada kesempatan itu, ia juga memberikan motivasi ke petani dengan mengatakan pencapaian petani adalah puncak panen seperti saat panen di Desa Redang tersebut. (*)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help