Indragiri Hulu

Intensitas Hujan Tinggi, Tiga Sungai Besar di Inhu Masih Aman

Selama beberapa hari pada pekan ini, wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dilanda hujan deras.

Intensitas Hujan Tinggi, Tiga Sungai Besar di Inhu Masih Aman
Istimewa
Petugas KPBD Inhu melakukan pemantauan terhadap ketinggian permukaan air Sungai Indragiri. 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Selama beberapa hari pada pekan ini, wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dilanda hujan deras.

Menurut Kasi Pra Bencana Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Inhu, Suzandi meski intensitas hujan tinggi namun sejumlah wilayah di Kabupaten Inhu masih dalam status aman.

"Intensitas hujan saat ini memang meningkat, namun kondisi di Kabupaten Inhu masih terbilang aman," ujarnya, Jumat (12/10/2018).

Baca: Jadwal dan Harga Tiket Laga Uji Coba Timnas U19 vs Yordania, Live di RCTI

Menurut Suzandi intensitas hujan yang tinggi belum berpengaruh terhadap ketinggian permukaan tiga sungai besar di Inhu, yakni Sungai Indragiri, Sungai Batang Cenaku, dan Sungai Batang Gansal.

Suzandi berkata pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap tiga sungai besar tersebut. Pasalnya wilayah yang berada di sepanjang sungai tersebut merupakan wilayah yang paling rentan dilanda banjir.

"Wilayah sepanjang sungai terkhususnya, terutama Sungai Indragiri merupakan wilayah yang rentan terendam banjir. Namun sejauh pemantauan kita saat ini belum ada wilayah sepanjang sungai itu yang terendam banjir," katanya.

Suzandi mencontohkan wilayah Kecamatan Batang Peranap yang dialiri Sungai Indragiri.

Baca: Ribuan Peserta Sudah Mendaftar di Event Sepeda Nusantara, Catat Tanggalnya

Jarak air dengan bibir pantai masih berkisar tiga sampai empat meter. Meski pada Kamis (10/10/2018) malam hujan deras melanda Kabupaten Inhu.

Suzandi juga merincikan sejumlah wilayah yang rawan terendam banjir selain wilayah Kecamatan Batang Peranap, antara lain, Desa Kilan, dan Desa Anak Talang, Kecamatan Batang Cenaku, dan Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal Inhu. (*)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved