Berita Riau

VIDEO: Riau Kekurangan 218 ribu Rumah

Kalau kita di Riau kekurangan 218 ribu butuh rumah yang harus dibangun, masyarakat yang butuh rumah ini tersebar di Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menurut data di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Provinsi Riau saat ini Riau membutuhkan rumah sebanyak 218 ribu. Itu merupakan jumlah masyarakat yang membutuhkan rumah di Riau. 

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau Muhammad Amin, menurutnya untuk se-Indonesia ada sebanyak 11,3 juta unit kekurangan rumah

"Kalau kita di Riau kekurangan 218 ribu butuh rumah yang harus dibangun, masyarakat yang butuh rumah ini tersebar di Riau, "ujar Muhammad Amin kepada Tribun Rabu (10/10).

Baca: Banjir Bandang di Lintau Buo Sumbar, Ini Daftar Korban Selamat dan Meninggal Dunia

Saat ditanya daerah mana saja masyarakat yang membutuhkan rumah tersebut, menurut Muhammad Amin, dominannya masyarakat yang berada di perkotaan dan paling banyak lagi di daerah pesisir Riau. 

" Daerah perkotaan banyak itu disebabkan tingginya migrasi ke Kota. Namun di daerah pesisir juga lebih banyak lagi,"ujar Muhammad Amin. 

Menurut Amin kewajiban pemerintah adalah menyediakan rumah bagi rakyatnya, tidak bisa dengan rumah bantuan secara gratis, namun bisa juga dengan memberikan rumah berupa subsidi. 

Baca: Disebut Plt Gubri Pembangunan Paling Lama di Dunia, Tol Pekanbaru-Dumai Akhirnya Dapat Suntikan Dana

Sebagaimana program dari Pemerintah pusat yakni program sejuta rumah di tanah air, program ini juga lanjut Amin memudahkan masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah. 

"Sasarannya kan masyarakat berpenghasilan rendah, ada rumah subsidi yang dibangun untuk Riau juga jumlahnya cukup banyak, "jelas Amin.

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved