Berita Riau

VIDEO: KPU Riau Gelar Sosialisasi Melindungi Hak Pilih di CFD

KPU Riau menyediakan stand untuk mengecek data diri apakah sudah masuk dalam daftar Pemilu 2019 mendatang

Laporan videografer tribunpekanbaru.com, Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) di area Car Free Day (CFD) Jalan Cut Nyak Dien Kota Pekanbaru, Minggu pagi (14/10/2018)

Dalam kegiatan tersebut KPU Riau menyediakan stand untuk mengecek data diri apakah sudah masuk dalam daftar pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang dengan cara menunjukan KTP-elektronik.

Baca: VIDEO: PSIR Rembang vs PSPS Liga 2 2018, Menanti Tuah Lolos Babak 8 Besar

Kemudian petugas menginput nomor induk kependudukan (NIK). Jika belum masuk dalam daftar maka pemilih akan didata untuk kemudian diteruskan ketingkat KPU Kabupaten/Kota supaya ditindaklanjuti sehingga nantinya terdaftar dalam data pemilih.

"Merupakan upaya KPU agar pemilih berdaulat sejak awal hingga akhir tahapan Pemilihan Umum," jelas Ketua KPU Riau, Nurhamin saat menyampaikan sambutan.

Tidak hanya bertujuan untuk mendata pemilih yang belum terdaftar. Namun melalui GMHP ini juga bertujuan untuk menghapus pemilih ganda dan memperbaiki data pemilih.

Baca: Saleem Iklim Meninggal Dunia, Siti Nurhaliza: Seorang Penyanyi Legenda

Dengan demikian kesempurnaan DPT untuk pemilihan Capres, Cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2019 bisa lebih baik.

Satu diantaranya warga Pekanbaru yang melakukan pengecekan data diri distan GMHP tersebut adalah Evan Gunanzar, menurutnya kegiatan ini cukup membantu masyarakat. Terutama mereka yang binggung namanya tidak terdaftar.

"Tadi sempat cek juga tapi data saya belum masuk dalam daftar pemilih. Kata petugasnya karena ada pemekaran Kelurahan jadi belum masuk," ujarnya.

Ia juga menyarankan pihak KPU untuk lebih banyak membuat titik-titik lokasi GMHP tersebut. (*)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help