Pekanbaru

Pasar Sukaramai Belum Beroperasi, DPRD Minta Tak Ada Lagi Penundaan Penyelesaian Renovasi

Renovasi Pasar Sukaramai Jalan Sudirman Pekanbaru, dipastikan tak selesai tahun ini.

Pasar Sukaramai Belum Beroperasi, DPRD Minta Tak Ada Lagi Penundaan Penyelesaian Renovasi
Tribunpekanbaru/syaifulmisgio
Lorong-lorong kios yang ada di Pasar Sukaramai 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Renovasi Pasar Sukaramai Jalan Sudirman Pekanbaru, dipastikan tak selesai tahun ini.

Pemko Pekanbaru sudah melakukan pertemuan dengan pengelola Pasar Sukaramai, PT Makmur Papan Permata (MPP), bahwa pekerjaan renovasi akan selesai pada April 2019 mendatang.

Sehingga untuk operasionalnya, bisa direalisasikan pada Bulan Mei. Dengan kesepakatan baru ini, wakil rakyat di Gedung Payung Sekaki Pekanbaru meminta, agar tidak ada lagi penambahan pekerjaan renovasi. Sebab, sudah terlalu lama renovasi ini, sejak pasar terbakar Desember 2015 silam.

"Kita harapkan ini kesepakatan terakhir. Apalagi pengelola sudah mengekspos, bahwa progres pekerjaan pasar sudah ada kemajuan. Kita harapkan tidak ada masalah lagi," kata Anggota Komisi II DPRD Pekanbaru H Fathullah, Senin (15/10/2018) menjawab Tribunpekanbaru.com.

Baca: Dollar Hari Ini, Rupiah Melemah Lagi ke Posisi Rp 15.250 Per Dollar AS

Politisi Gerindra ini juga mengapresiasi kepada Disperindag Pekanbaru, yang selalu mengevaluasi pekerjaan PT MPP. Sebab, hal ini juga sebagai masukan, untuk dilakukan perubahan ke depan. Apalagi, Pasar Sukaramai yang dulunya bernama Pasar Pusat, sudah pernah menjadi icon kota ini.

Dengan begitu, banyak tumpuan harapan berbagai kalangan, agar pasar tersebut segera berfungsi. Selain bisa lebih mengoptimalkan putaran roda ekonomi pedagang, juga bisa menormalkan lagi, arus lalu lintas di sekitar pasar tersebut, yang kini kemacetannya krodit.

"Kalau kesepakatannya Mei sudah beroperasi, kita tunggu saja. Kita di dewan juga tetap mengawasi, sama halnya dengan Disperindag. Makanya kepada pengelola, kita minta tidak main-main, realisasikan ini," harap Fathullah.

Baca: Job Fair Road to Campus Digelar di Unilak, Inilah Perusahaan Pesertanya

Sebelumnya, Kepala Doisperindag Pekanbaru Ahmad Ingot menjelaskan, target bisa operasinya Pasar Sukaramai, nampaknya bisa dicapai, dari hasil rapat terakhir dengan pengelolanya. Namun tetap saja dilakukan evaluasi jelang ini.

"Kita terus melakukan pertemuan berkala, sifatnya evaluasi pekerjaan lah," katanya.

Ditegaskan, pihaknya tidak akan main-main dengan target yang sudah dipancang, harus benar-benar terealisasi. Tahapan beroperasinya pada Mei, karena saat Bulan Ramadhan 2019, masyarakat sudah dapat berbelanja disana.

Selanjutnya, untuk status pedagang sendiri, Disperindag bersama pengelola, sedang melakukan pendataan para pedagang yang memiliki Kartu Tanda Bukti Hak (KTBH). Mereka ini pedagang yang punya kios sebelum kebakaran.

Bagaimana dengan pedagang lainnya?

"Kita utamakan dulu pemilik KTBH. Setelah itu, baru pedagang lainnya, terutama bagi mereka yang menyewa," janjinya. (*)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved