Advertorial

BJ Habibie Puji Mie Sagu Riau Olahan Makanan Khas Bumi Lancang Kuning

BJ Habibie Puji Mie Sagu Riau Olahan Makanan Khas Bumi Lancang Kuning. Makanan olahan tepung sagu ini bisa disajikan dalam bentuk mie sagu rebus

BJ Habibie Puji Mie Sagu Riau Olahan Makanan Khas Bumi Lancang Kuning
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Mie Sagu, makanan khas Riau, tengah dimasak di Kedai Kopi Yong Bengkalis, Pekanbaru, Jumat (28/9/2018).  

MIE Sagu merupakan makanan khas Bumi Lancang Kuning. Makanan dari olahan tepung sagu tersebut bisa disajikan dalam bentuk mie sagu rebus, mie sagu goreng ataupun mie sagu laksa.

Dalam penyajiannya, mie sagu biasa ditambahkan dengan sayur toge, daun bawang dan sawi, namun bisa juga ditambahkan dengan sayur lain sesuai selera.

Pedagang menyebutnya kwetiau sagu, atau lebih dikenal sebagai mie sagu bagi kebanyakan masyarakat di Riau maupun Kepulauan Riau.

Sajian berbahan sagu ini memang khas Melayu dan bisa ditemukan di dua provinsi ini.

Tak mengherankan, sejumlah kedai kopi pasti memiliki menu mie sagu.

Terutama di Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai penghasil sagu di Provinsi Riau.

Mie Sagu, makanan khas Riau, tengah dimasak di Kedai Kopi Yong Bengkalis, Pekanbaru, Jumat (28/9/2018). 
Mie Sagu, makanan khas Riau, tengah dimasak di Kedai Kopi Yong Bengkalis, Pekanbaru, Jumat (28/9/2018).  (Tribun Pekanbaru/Theo Rizky)

Mie sagu adalah kuliner selingan makanan khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat Selat panjang, di Pulau Tebing Tinggi dan sekitarnya, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Mie Sagu sudah ada dan menjadi panganan yang diminati masyarakat tempatan sejak zaman nenek moyang sampai dengan hari ini.

Mie sagu dibuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu, yang banyak tumbuh di daerah ini baik secara liar maupun dibudidayakan pada perkebunan rakyat.

Ciri khas dari mie sagu buatan masyarakat Selatpanjang dan sekitarnya, terletak pada adanya tambahan ikan bilis (teri), tauge dan potongan daun kucai.

Halaman
12
Penulis: ihsan
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved