Advertorial

Edukasi Kesehatan RSIA Zainab: ASI Eksklusif dan Persiapan Persalinan

KLINIK Cinta ASI Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zainab memberikan pelayanan berupa konseling menyusui

Edukasi Kesehatan RSIA Zainab: ASI Eksklusif dan Persiapan Persalinan
Foto/istimewa
RSIA Zainab Pekanbaru 

KLINIK Cinta ASI Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Zainab memberikan pelayanan berupa konseling menyusui untuk membantu ibu-ibu yang akan dan sedang menyusui bayinya dalam mengatasi kesulitan seputar ASI dan menyusui. (ASI tidak keluar, payudara bengkak, puting payudara tenggelam, lecet pada puting saat menyusui).

Selain itu juga memberikan pelayanan pijat oksitosin, yaitu pijat yang dilakukan pada ibu untuk merangsang harmon pengeluaran ASI (oksitosin).

Apa itu Air Susu Ibu?
Air Susu ibu (ASI) adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kenapa Bayi Perlu diberi ASI Ekslusif?
Bayi sejak lahir usia 0-6 bulan hanya diberi ASI saja tidak diberi makanan ataupun minuman tambahan apapun, karena sudah memenuhi seluruh kebutuhan bayi.

Kerugian Tidak Memberi ASI Ekslusif
Pemberian makanan, minuman selain ASI mempunyai resiko terjadinya infeksi karena kontaminasi selain eksresi bagi bayi lahir sampai dengan 6 bulan belum sempurna, sehingga bila diberi makanan dengan kosmolaritas yang tinggi seperti susu formula atau buah-buahan akan memberatkan fungsi ginjal.

RSIA Zainab
RSIA Zainab (Foto/Istimewa)

Hanya ASI makanan terbaik untuk bayi, Kenapa?

- Sejak bayi dalam kandungan, perkembangan dan pertumbuhan otaknya sangat cepat. Ketika usia bayi
20 minggu otak bayi sudah dapat mendengar.

- Begitu bayi lahir, perkembangan otak bayi sudah hampir sempurna, sehingga membutuhkan makanan yang bergizi dan rangsangan yang cukup. Rangsangan yang optimal diperoleh pada saat proses pemberian Air Susu Ibu (ASI)

- Proses menyusui bukan hanya menyiapkan makanan terbaik untuk bayi tetapi membuat bayi menerima rangsangan terus menerus yang men­ dukung pertumbuhan bayi menjadi pintar pikiran dan jiwanya.

Manfaat Memberikan ASI Bagi Ibu:

Halaman
1234
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved