Bengkalis

Antisipasi KLB Diskes Bengkalis Gelar Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Diskes Bengkalis bersama Diskes Riau mengelar pertemuan penyusunan rencana Kontijensi Penanggulangan kedaruratan kesehatan

Antisipasi KLB Diskes Bengkalis Gelar Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat
TribunPekanbaru/Muhammad Natsir
Alwizar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bengkalis bersama staf ahli Bupati Bengkalis Haholongan saat pembukaan Kontijensi Penangulangan KKM Bengkalis 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM,BENGKALIS - Dinas Kesehatan Bengkalis bersama Dinas Kesehatan Riau mengelar pertemuan penyusunan rencana Kesiapsiagaan (Kontijensi) Penanggulangan kedaruratan kesehatan Masyarakat (KKM) untuk kabupaten Bengkalis.

Kegiatan Kontijensi penangulangan KKM ini dilaksanakan selama dua hari di sebuah hotel di kota Bengkalis sejak, Selasa (30/10) kemarin.

Baca: Mengebrak Lewat Trio Realme 2, Realme 2 Pro dan Realme C1, Realme Patut Diwaspadai Brand Lawas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Supardi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Alwizar SKM menjelaskan, Kegiatan Kontijensi penangulangan (KKM) dilaksanakan dengan tujuan agar menghasilkan Dokumen Rencana Kontinjensi Penanggulangan KKM di Bengkalis. Dokumen ini nanti akan digunakan sebagai acuan dan pedoman dalam penanggulangan secara terpadu dan terintegrasi dan Lintas Sektoral jika sewaktu waktu terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) yang diakibatkan KKM yang meresahkan Dunia.

"Diantaranya KKM meresahkan tersebut yakni penyakit Sars, flu burung, kholera, pes, yellow fever, haemorhagic fever karena virus ebola, cacar, hiv, ebola, mercov, flu arab dan penyakit endemis seperti DBD, diare, malaria, tbc, difteri, rubella.” Jelas Alwizar.

Lebih lanjut Alwizar mengatakan, Dokumen Kontinjensi Kabupaten ini nanti menjadi plan of action yang memuat, penetapan masalah kejadian yang meliputi analisis risiko, Pengembangan skenario, apakah kejadian bersifat importasi atau episenter. Kemudian juga diikuti dengan aktifasi Rencana Kontinjensi atau deaktifasi Rencana Kontinjensi. Serta Kebijakan dan Strategi Penangulangan KKM dan struktur organisasi yang memuat peran dan fungsi masing bidang.

Baca: Indonesian Television Awards Malam Ini, Ada Cha Eun Woo ASTRO! Ini 5 Fakta Si Face Genius

Penyusunan Rencana Kontinjensi Penanggulangana KKM di Bengkalis ini diikuti unsur OPD Kabupaten Bengkalis diantaranya Kesbangpol, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, RSUD Bengkalis, RSUD Mandau, Camat se Kabupaten Bengkalis, Kepala UPT Puskesmas serta instansi terkait lainya.

“Semua unsur OPD Kabupaten Bengkalis ini ditambah dengan unsur vertikal inilah nanti yang melaksanakan kontinjensi penanggulangan sesuai dengan tupoksi masing masing, tetapi dilaksanakan secara terpadu.” tambahnya.

Pemerintah Bengkalis menyambut baik dengan Penyusunan Rencana Kesiapsiagaan (Kontinjensi) Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) Kabupaten Bengkalis yang difasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Riau ini. Karena dengan kegiatan ini merupakan upaya antisipatif kita bersama jika sewaktu waktu terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit Menular yang meluas.

Baca: Restoran Ini Lagi Butuh Karyawan, Gajinya 1,5 Juta Per Jam, Anda Tertarik?

Hal ini diungkap staf ahli Bupati Bengkalis Haholongan saat hadir dalam pembukaan kegiatan ini. Dalam penyusunan Kontijensi KKM dihadiri Kepala Sub Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr. I Made Yossy., M.Kes dan Pakar Kontinjensi KKM Kemenkes RI Ners. Rosmawati, S.Kep., M.Kes serra Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dr. Siska Handayani., M.Kes dan Pakar Surveylans Dinas Kesehatan Prov. Riau, H. M. Yamin.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved