Bengkalis

Bawaslu dan STAIN Bengkalis Gelar MoU, Libatkan Mahasiswa Terkait Pelaksanaan Pemilu 2019

Baswaslu Bengkalis terus mengajak seluruh kalangan melakukan pengawasan partisipatif pelaksanaan Pemilu 2019.

Bawaslu dan STAIN Bengkalis Gelar MoU, Libatkan Mahasiswa Terkait Pelaksanaan Pemilu 2019
TribunPekanbaru/Muhammad Natsir
Ketua STAIN Bengkalis Prof Samsul Nizar dan Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin menandatangani MoU Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, Rabu (31/10) siang. 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Badan Pengawas Pemilu (Baswaslu) Bengkalis terus mengajak seluruh kalangan melakukan pengawasan partisipatif pelaksanaan Pemilu 2019. Kali ini Bawaslu mengajak Mahasiswa dan kampus untuk terlibat aktif dalam upaya pengawasan Pemilu secara partisipatif di wilayah Bengkalis.

Upaya mengajak mahasiswa dan Kampus melakukan pengawasan partisipatif dilakukan dengan MoU pengawasan partisipatif dengan pihak Kampus STAIN Bengkalis, Rabu (31/10) siang. MoU ditanda tangani langsung Ketua Bawaslu Bengkalis Mukhlasin dengan Ketua STAIN Bengkalis Prof Samsul Nizar diaula STAIN Bengkalis.

Baca: Warga Desa Sialang Jaya Diciduk Polsek Rambah Rokan Hulu

Penandatangan MoU ini disaksikan Ratusan mahasiswa STAIN Bengkalis serta tim Gakkumdu Bengkalis terdiri dari Polres Bengkalis dan Kejaksaaan Negeri Bengkalis. Usai penandatanganan MoU tersebut Bawaslu Bengkalis juga melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif yang bisa dilakukan mahasiswa selama tahapan pemilu 2019 bergulir.

Mukhlasin mengatakan, dengan sosialisasi dilakukan agar mahasiswa STAIN Bengkalis mengetahui pelaksanaan Pemilu yang baik. Sehingga mahasiswa dapat mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 ini.

Menurut Mukhlasin, peranan mahasiswa dalam pengawasan dilakukan bisa dengan memantau aktifitas calon legeslatif yang ada di lingkungan mereka masing masing. Ketika ada indikasi dugaan pelanggaran bisa dilaporkan langsung ke Bawaslu Bengkalis.

Baca: Jadwal Lengkap Piala AFF 2018, Berikut 4 Stadion yang Digunakan untuk Menggelar Laga

"Kita juga akan melibatkan mahasiswa ini dalam kegiatan Kepemiluan terutama dalam pengawasan yang kita lakukan," kata dia.

Menurut Mukhlasin, saat ini memang baru satu kampus yang melakukan MoU pengawasan partisipatif bersama Bawaslu Bengkalis. Kedepan pihaknya akan upayakan seluruh kampus yang ada di Bengkalis juga melakukan MoU Pengawasan Partisipatif juga.

"Kalau untuk MoU memang baru STAIN Bengkalis. Namun kedepan kita akan siapkan rencana MoU dengan kampus lainnya, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 betul betul bisa berjalan sebagaimana mestinya dengan keterlibatan mahasiswa sebagai pengawas partisipatif pelaksanaan Pemilu 2019," tandasnya.

Baca: Dua Hari Sebelum Memangsa Korban, Buaya Sempat Menampakkan Diri

Selain sosialisasi pengawasan, dalam kesempatan tersebut Bawaslu juga melakukan sosialisasi penting Pemilu 2019. Dengan target kekikutsertaan pemilih pemula dalam menyalurkan hak suara meningkat.

"Kita ketahui, dikalangan mahasiswa ini banyak pemilih pemula, sehinga mahasiswa tau demokrasi pemilu seperti apa yang meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam menggunakan hak suaranya," tandasnya.(sir)

Baca: Dua Hari Sebelum Memangsa Korban, Buaya Sempat Menampakkan Diri

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved