Indragiri Hilir

Peringati Hari Anak Internasional, Beberapa Sekolah Di Inhil Gelar Outdoor Classroom Day

Memperingati Hari Anak Internasional, beberapa sekolah di Indragiri Hilir (Inhil) gelar outdoor classroom day

Peringati Hari Anak Internasional, Beberapa Sekolah Di Inhil Gelar Outdoor Classroom Day
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadli
Peringati Hari Anak Internasional, Beberapa Sekolah Di Inhil Gelar Outdoor Classroom Day 

Peringati Hari Anak Internasional, Beberapa Sekolah Di Inhil Gelar Outdoor Classroom Day

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN - Memperingati Hari Anak Internasional, beberapa sekolah di Indragiri Hilir (Inhil) gelar outdoor classroom day.

Memperingati Hari Anak Internasional, sekolah di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mulai dari tingkat pendidikan Taman Kanak – Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) melaksanakan Outdoor Classroom Day (OCDay), Kamis (1/11/2018).

Baca: CPNS 2018, Ini Jumlah yang Lulus di Pemprov Riau serta di Kabupaten dan Kota di Riau

Baca: Sertu Marinir Hendra Syahputra Juga Pernah Bertugas Penyelamatan Kecelakaan Sukhoi di Gunung Salak

Tidak hanya di Kabupaten Inhil, kegiatan ini juga serentak di laksanakan di seluruh sekolah yang ada di Provinsi Riau sebagai salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada bulan November.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kabupaten Inhil, Ir. Apriani, menuturkan, program OCDay ini bagian dari mewujudkan sekolah ramah anak dan merupakan program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Baca: Isu dan Hoaks Penculikan Anak, Plt Gubri : Warga Tetap Waspada Jaga dan Anak

Baca: Pertama Di kelasnya, Vivo Y93 Resmi Meluncur Memakai Chipset Snapdragon 439

Dalam Program ini, terdiri dari tiga jam pembelajaran di luar kelas untuk membuat anak tidak jenuh dan menumbuhkan kreativitas serta menggalakkan olahraga tradisional dan permainan tradisional.

“Sekitar tiga jam pembelajaran di luar kelas membuat anak tidak jenuh dan menumbuhkan kreativitas. Menggalakkan kembali olahraga tradisional dan permainan tradisional yang dulu pernah kita mainkan. Untuk hari ini 18 sekolah yang dicanangkan, nanti akan ada sekolah lain yang polanya bisa kita terapkan,” jelasnya disela kegiatan OC Day di SDN 032 Jalan Swarnabumi Tembilahan.

Baca: PENCULIKAN ANAK, Banyak Beredar Hoax, Tim Siber Polda Riau Pantau Medsos

Baca: Perempuan Ini Lolos dari Maut meski Mobilnya Masuk Jurang, Bertahan Hidup dengan Menyantap Rumput

Dimulai dari pukul 07.00 WIB, para guru akan menyambut siswa dengan 3S (senyum, sapa, salam) dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stanza), cuci tangan sebelum makan, baca doa bersama sebelum makan, cuci tangan setelah makan.

Kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa lingkungan (tanaman dan lainnya), menyingkirkan tanaman dan barang yang dapat membahayakan siswa, mematikan lampu yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka.

Baca: Hasil Babak 1 Jepang Vs Arab Saudi Semifinal AFC U19, Arab Saudi Unggul 0-2

Baca: Hasil Pertandingan Sporting Gijon vs Eibar 2-0, Sporting Gijon Singkirkan Klub La Liga Santander

Mulai pukul 08.08 - 08.23 WIB diisi dengan kegiatan membaca buku di luar ruangan, dilanjutkan dengan simulasi sadar bencana dalam lagu dan gerak, senam Germas, permainan tradisional, yel-yel Sekolah Ramah Anak, deklarasi Sekolah Ramah Anak, pelantikan Tim Sekolah Ramah Anak, dan acara ditutup pukul 09.16 dengan menyanyikan lagu ‘’Maju Tak Gentar’’.

“Dalam kegiatan Outdoor Classroom Day ini bagaimana menciptakan anak senang, guru tenang, orangtua bahagia,” imbuh Ir. Apriani. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved