Rokan Hulu

Upah Bongkar Muat Naik 13-15 Persen, Segini Upah Bongkar Muat Buah Kelapa Sawit

Kaum buruh, khususnya buruh bongkar muat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akhirnya bisa bernapas lega, karena upah mereka naik

Upah Bongkar Muat Naik 13-15 Persen, Segini Upah Bongkar Muat Buah Kelapa Sawit
Tedy
Aksi damai buruh di hari buruh internasional di Pekanbaru 

Upah Bongkar Muat Naik 13-15 Persen, Segini Upah Bongkar Muat Buah Kelapa Sawit

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Kaum buruh, khususnya buruh bongkar muat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akhirnya bisa bernapas lega, karena upah mereka naik.

Pasalnya , Pemkab Rohul per tanggal 31 Oktober 2018 ini, telah resmi memberlakukan standarisasi Biaya Muat Bongkar Barang baru setelah 9 tahun Tarif tersebut tak pernah dilakukan Revisi.

Baca: Juru Parkir Liar di Luar Mal SKA, Wakil Rakyat Minta Dishub Lakukan Ini supaya Jera

Baca: Live Streaming Semifinal Piala AFC U19 Qatar vs Korea Selatan Pukul 16.00 WIB

Kepala Dinas Koprasi UKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Rohul, Herry Islami mengungkapkan, ‎melalui Peraturan Bupati Nomor 35 Tahun 2018 tentang standarisasi Biaya Muat Bongkar Barang dalam Kabupaten Rohul, Pemkab Rohul telah menetapkan Kenaikan 13-15 persen Upah Bongkar Muat barang baik Tandan Buah Sawit (TBS) atau Barang kebutuhan Pokok.

Ribuan massa aksi dari aliansi serikat pekerja atau serikat buruh membanjiri Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru untuk menyampaikan aspirasi mereka, Senin (23/10).
Ribuan massa aksi dari aliansi serikat pekerja atau serikat buruh membanjiri Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru untuk menyampaikan aspirasi mereka, Senin (23/10). (TribunPekanbaru/Dody Vladimir)


Ia menambahakan, Kenaikan Upah Bongkar Muat Barang di kabupaten Rohul ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara Kadin, Apindo, Serikat Pekerja, perguran tinggi dan pemerintah.

Baca: VIDEO: Kejati Riau Resmi Tahan Tiga Tersangka Korupsi RTH Tunjuk Ajar

Baca: RESMI! Si Kembar Timnas U-16 Indonesia Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa Gabung ke Barito Putera

"Wajar rasanya jika kita naikan Tarif bongkar muat ini, karena selama 9 tahun, tarif tersebut belum pernah dilakukan revisi sesuai dengan kondisi real saat ini," katanya, (1/11/2018).

Dijelaskan, adapun indikator dalam penyesuaian Upah Bongkar muat ini mengingat terus naiknya Upah minimum baik kabupaten atau provinsi setiap tahunya.

Diakuinya, meskipun upah minimum setiap tahunnya naik, namun tidak dengan upah bongkar muat. Atas instruski dari Bupati, untuk ituklah pihaknya berupaya merumuskan kenaikan upah Bongkar muat ini guna mengejar Kesejehteraan bagi kaum buruh bongkar muat.

Baca: 10 Drama Korea Terbaru November 2018, Ada Drakor Song Hye Kyo,Park Bo Gum hingga Lee Jung Suk

Baca: 12 Atlet Wushu Riau Bersiap Ikuti Bali Open International 2018

Lebih lanjut dijelaskanya, Dengan jumlah buruh yang besar di Rohul, kenaikan upah bongkar muat ini, tentunya menjadi stimulan dalam peningkatan daya beli masyarakat menengah kebawah, dan tentunya juga akan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

Herry Islami mengaku telah mensosialisasikan pada 31 Oktober 2018, dan setelah disosialisasikan maka Perbup nomor 35 tahun 2018 ini sudah resmi berlaku.

Dirinya menerangkan, pihaknya juga akan memberikan tembusan perbup ini kepada seluruh perusahaan di Rohul, sebagai acuan perusahaan menetapkan tarif bongkar muat baru di lingkungan perusahaan mereka, untuk mencegah konflik industrial antara perusahaan dan sarekat buruh.

Baca: VIDEO: Detik-detik Kereta Api Hantam Mobil Angkot yang Mogok di Perlintasan

Baca: Atlet Anggar Riau Sudah Mulai Bertanding di Kejurnas Anggar 2018

Untuk itulah, dirinya menghimbau kepada perusahaan dapat menjalankan aturan ini dengan baik dan konsisten.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved