Padang

Dampak Banjir Padang, Ribuan Rumah Digenangi Banjir Hingga 1 Meter

Hujan lebat sejak Jumat (2/11/2018) siang hingga sore, menyebabkan meluapnya sejumlah sungai di Kota Padang.

Dampak Banjir Padang, Ribuan Rumah Digenangi Banjir Hingga 1 Meter
TribunPadang.com/Riki Suardi
Kondisi jembatan gantung di Baringin ikut rusak akibat dihantam material jembatan yang hanyut dibawa arus sungai yang meluap Sabtu (3/11/2018) 

Laporan kontributor tribunpadang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Hujan lebat sejak Jumat (2/11/2018) siang hingga sore, menyebabkan meluapnya sejumlah sungai di Kota Padang. Bahkan akibat luapan sungai tersebut, membuat terjadinya bencana banjir di beberapa kecamatan di Kota Padang.

Dari data BPBD Kota Padang, di Kecamatan Padang Timur, tepatnya di kawasan Alai Parak Kopi, menyebabkan sekitar 600 rumah digenangi banjir hingga ketinggian mencapai 60 sentimeter.

Bahkan, harta benda berupa barang elektronik dan perabotan rumah tangga pun ikut terendam banjir.

Selain itu di Kecamatan Lubuk Begalung, sejumlah lokasi juga banjir dengan ketinggian bervariasi.

Di Gurun Laweh dan di Batung Taba misalnya. Ketinggian air mencapai 1 meter. Bahkan sekitar 50 unit rumah terendam banjir dan satu unit rumah semi permanen di laporkan roboh.

Baca: Dampak Banjir Bandang di Padang, 2 Orang Meninggal Dunia, 1 Rumah dan Jembatan Hanyut

Baca: VIDEO: Detik-detik Jembatan Lubuk Kilangan Padang Roboh di Hantam Banjir

Baca: Banjir Landa Kota Padang, 600 Rumah Terendam, 1 Jembatan Roboh 2 Putus 

Kemudian di Kecamatan Lubuk Kilangan, satu unit rumah di Kelurahan Baringin hanyut dan 15 unit rumah digenangi banjir hingga ketinggian mencapai 70 sentimeter.

Satu unit jembatan beton di kelurahan tersebut yang masih dalam proses pembangunan juga amblas dihantam arus sungai yang meluap.

Kondisi jembatan gantung di baringin ikut rusak akibat dihantam material jembatan yang hanyut dibawa arus sungai yang meluap Sabtu (3/11/2018)
Kondisi jembatan gantung di baringin ikut rusak akibat dihantam material jembatan yang hanyut dibawa arus sungai yang meluap Sabtu (3/11/2018) (TribunPadang.com/Riki Suardi)

Bahkan kuatnya arus sungai tersebut, membuat sebagian material berupa rangkaian jembatan dari baja bergeser hingga 200 meter dari lokasi jembatan.

Selain itu, jembatan gantung yang berada di samping jembatan beton tersebut juga rusak, sehingga akses masyarakat Baringin menuju Koto Lalang pun putus.

Halaman
123
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved