Kandungan MSG di Makanan Tidak Berdampak pada Kesehatan, Ini Penjelasan dari P2MI

MSG dimasukkan sebagai Bahan Tambahan Pangan yang aman dikonsumsi dan tidak berdampak buruk/berbahaya bagi kesehatan manusia.

Kandungan MSG di Makanan Tidak Berdampak pada Kesehatan, Ini Penjelasan dari P2MI
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Persatuan Pabrik Monosodium Glutamae dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI) menyampaikan penjelasan terkait berita di kanal TribunPekanbaru.com tanggal 18 Oktober 2018 dengan judul Anda Suka Bakso? Ini 5 Bahaya Dibalik Kenikmatannya, Resiko Keguguran hingga Penyakit Jantung.

Dalam surat yang dikirim ke redaksi TribunPekanbaru.com, P2MI menanggapi tentang efek kesehatan bahan lain misal vetsin atau MSG yang terdapat dalam bakso.

Dalam penjelasan lembaga ini, berdasarkan fakta-fakta ilmiah dan regulasi terkait keamanan pangan, MSG dimasukkan sebagai Bahan Tambahan Pangan yang aman dikonsumsi dan tidak berdampak buruk/berbahaya bagi kesehatan manusia.

MSG sebagai bahan tambahan pangan sudah mendapat izin edar dari BPOM-RI.

Surat yang ditandatangai oleh Ketua P2MI, M Fachrurozy ini juga menjelaskan tentang fakta-fakta MSG:

1. Bahan tambahan pangan penyedap (MSG) adalah terbuat dari tetes tebu bukan zat kimia (sintetik) atau zat aditif dan MSG yang dibuat melalui proses fermentasi.

2, Kandungan zat dalam bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) ada 3 yaitu Asam Glumatat 78 persen, Natrium 12 Persen dan Air 10 persen sebagai zat utama adalah Asam Glutamat yang merupakan asam amino yang tidak berbeda dengan asam glutamat yang terkandung dalam makanan alami sehari-hari seperti, tomat, susu, keju, dsb.

3. Bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) mudah larut dan dapat dimetabolisme dengan baik dalam tubuh

4. Bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) sudah diakui keamanannya oleh beberapa badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan seperti: JECFA (terdiri dari FAO dan WHO), FDA dan juga oleh Kementerian kesehatan serta BPOM RI.

5. Bahan tambahan pangan penyedap rasa (MSG) adalah salah satu bahan tambahan pangan penguat rasa yang paling aman dan diizinkan untk dikonsumsi berdasarkan Peraturan Kesehatan No 033 tahun 2012 dengan tarakan penggunaan secukupnya.

6. Berdasarkan penjelasan pada angka 1 s/d 5 diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) adalah Aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan dampak buruk/bahaya pada kesehatan seperti yang tersebut di atas.

Tanggapan P2MI ini diterbitkan secara utuh oleh redaksi berdasarkan surat yang diterima tertanggal 29 Oktober 2018. (*) 

Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved