Indragiri Hilir

Upaya Menekan Laju Hoaks, Dewan Inhil Ajak Semua Pihak Pikirkan Cara Menanamkan Nilai Pancasila

Banyak kabar bohong (hoaks) yang beredar akhir – akhir ini khususnya menjelang Pemilu Presiden (Pilres) tahun 2019

Upaya Menekan Laju Hoaks, Dewan Inhil Ajak Semua Pihak Pikirkan Cara Menanamkan Nilai Pancasila
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadhli
Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil Herwanissitas. 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com, T Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Banyaknya kabar bohong (hoaks) yang beredar akhir – akhir ini khususnya menjelang Pemilu Presiden (Pilres) tahun 2019, menjadi perhatian Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Inhil, Herwanissitas.

Politisi PKB ini menilai, perlunya menanamkan nilai – nilai pancasila dalam diri setiap warga sebagai perangkat menangkal hoaks yang marak beredar.

Baca: Riau Sudah Kumpulkan 16 Medali di Kejurnas Anggar 2018 Jakarta

Menurutnya, hoaks tampak telah menyerang seluruh penjuru dan lini kehidupan masyarakat, sehingga derasnya hoaks harus diredam melalui penghayatan terhadap nilai - nilai pancasila.

“Pancasila menjadi kesadaran filsafat hukum serta sumber kesadaran berbangsa dan bernegara. Hoaks merupakan ancaman terhadap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila itu ideologi yang mempersatukan, terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia hanya bisa terwujud selama Pancasila masih menjadi landasan,” ujar Herwanissitas di ruang Komisi IV DPRD Inhil, Tembilahan, belum lama ini.

Baca: BKD Meranti Tunggu Rakor yang Bahas Minimnya Peserta Lulus SKD di Riau

Lebih lanjut, Pria yang akrab disapa Sitas ini menjelaskan, potensi disintegrasi semakin bertambah melalui penyebaran berita bohong jika telah melibatkan kaum millenial, karena generasi muda merupakan kalangan yang mudah untuk terpengaruh dengan berita - berita bohong.

“Jika generasi muda saat ini tidak lagi menjadikan Pancasila sebagai pegangan, yang kita khawatirkan adalah potensi perpecahan bangsa ini semakin meningkat,” tutur Sitas.

Baca: Pengantin Wanita di Padang Kabur Sejenak Demi Ikut Tes CPNS, Henna di Tangan Masih Maksimal

Oleh karena itu, Sitas menegaskan dan meminta seluruh pihak untuk dapat meredam laju penyebaran hoaks dengan memikirkan cara menanamkan nilai - nilai pancasila bagi seluruh warga Kabupaten Inhil.

“Kemudian menghayati dan menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved