Dumai

Saluran Air Jalan SSK Dumai Penuh Sampah Hingga Kabel Telkom

Jalan protokol Sultan Syarif Kasim (SSK) di Kota Dumai penuh oleh tumpukan sampah minuman kemasan.

Saluran Air Jalan SSK Dumai Penuh Sampah Hingga Kabel Telkom
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Wali Kota Dumai, Zulkifli AS tampak melihat kondisi saluran air di depan kantor Telkom Dumai, Selasa (6/11/2018). Saluran air itu penuh sampah minuman kemasan dan kabel milik Telkom. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM,DUMAI - Jalan protokol Sultan Syarif Kasim (SSK) di Kota Dumai penuh oleh tumpukan sampah minuman kemasan.

Di tempat itu terdapat juga kabel milik Telkom dalam kondisi semrawut. Posisinya melintang di saluran air tersebut. Banyak sampah minuman kemasan dan plastik yang tersangkut di kabel itu.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG PSS Sleman vs Madura FC Liga 2 2018, Skor Sementara Masih 0-0

Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai melakukan pembersihan saluran air, Selasa (6/11/2018). Satu unit alat berat mengeruk sampah yang menumpuk di dalam saluran air.

Sejumlah petugas tampak membuka satu persatu penutup saluran air yang terbuat dari beton dengan bantuan linggis.

Alat berat juga menbantu memindahkan penutup saluran air yang ada.

Baca: PTNP V Taken MOU Peremajaan 725Ha Sawit dengan KUD Makarti Jaya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dumai, Syahminan mengatakan bahwa pengerukan saluran air untuk mencegah terjadinya banjir.

Ia mengaku banyak endapan dan sampah yang menumpuk di dalam saluran air. Adanya pengerukan diharapkan membuat saluran air jadi lancar.

"Jadi kami keruk dengan alat berat agar tidak tersumbat lagi dan aliran air pun jadi lancar," papar Syahminan di sela pengerukan saluran air tepi Jalan SSK, Selasa.

Baca: HASIL Fuzhou China Open 2018: Setelah Fajar/Rian, Bery/Hardianto Kalah di Babak Pertama

Menurutnya, pihak dinas harus melakukan pengerukan, agar saluran air tidak meluap. Sebab, kawasan itu merupakan saluran induk untuk mengalirkan air dari pemukiman masyarakat menuju hilir atau Muara Sungai Dumai.

Syahminan mengaku bahwa upaya pengerukan tidak bisa dilakukan dengan cepat karena saluran air yang harus dikeruk cukup panjang.

Wali Kota Dumai, Zulkifli AS tampak melihat kondisi saluran air di depan kantor Telkom Dumai, Selasa (6/11/2018). Saluran air itu penuh sampah minuman kemasan dan kabel milik Telkom.
Wali Kota Dumai, Zulkifli AS tampak melihat kondisi saluran air di depan kantor Telkom Dumai, Selasa (6/11/2018). Saluran air itu penuh sampah minuman kemasan dan kabel milik Telkom. (Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang)

Tapi ia tidak merinci panjang saluran air yang hendak dikeruk.

Tim dari Dinas PUPR Dumai melakukan pengerukan saluran air di titik lainnya.

Di antaranya Jalan Datuk Laksmana dan Jalan Husni Thamrin. Pengerukan ini untuk mengantisiapasi banjir di kawasan itu. (*)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved