Rokan Hulu

Dua Desa di Kepenuhan Terisolir Akibat Banjir, Masyarakat Membutuhkan Bahan Pokok

Akibat meluapnya sungai batang Sosa dan Sungai Rokan, ratusan rumah di Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) terendam.

Dua Desa di Kepenuhan Terisolir Akibat Banjir, Masyarakat Membutuhkan Bahan Pokok
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Akibat meluapnya sungai batang Sosa dan Sungai Rokan, ratusan rumah di Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) dan Desa Ulak Patian, terendam di Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sejak Sabtu (3/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN -‎ Akibat meluapnya sungai batang Sosa dan Sungai Rokan, ratusan rumah di Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) dan Desa Ulak Patian, terendam di Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sejak Sabtu (3/11/2018).

Menurut keterangan Pelaksana tugas (Pjs) Kades RBS, Saiful Adnan mengaku, sejak sabtu hingga saat ini Rabu (7/11/2018), ‎masyarakat di desanya tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, akibat banjir, bahkan desa nya menjadi kawasan terisolir akibat banjir yang memutuskan akses Jalan Utama yang ada menghubungkan desanya ke Kecamatan.

Baca: Gawat, Kalah dari FK Crvena Zvezda Liverpool Terancam tak Lolos dari Grup C, Berikut Update Klasemen

Ia menjelaskan, saat ini masyarakat RBS tidak bisa beraktivitas dan melumpuhkan dunia pendidikan pasalnya proses belajar mengajar sudah tidak dilaksanakan sejak sabtu lalu, akibat bangunan sekolah terendam banjir yakni SD 007 Kepenuhan.

Bukan hanya itu saja, akibat banjir saat ini perekonomian masyarakat juga lumpuh pasalnya hasil perkebunan sawit milik masyarakat tidak bisa dijual karena akses jalan terputus.

"Jalan satu-satunya menuju Desa RBS hanya bisa ditempuh menggunakan jalur sungai dengan Speedboat ‎ dan perahu," katanya, Rabu (7/11/2018).

Lebih lanjut dijelaskanya, akibat perekonomian lumpuh dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan sembilan bahan pokok (Sembako) dan obat-obatan.

Baca: Lazismu Pekanbaru Kirim 1 Kontainer Barang Bantuan dan Uang Bagi Korban Bencana di Palu dan Donggala

Diakuinya, saat ini memang untuk kebutuhan sehari-hari masih ada sedikit stok, namun masyarakat sangat membutuhkan bantuan Sembako dan obat Obatan.

Saiful menjelaskan, saat ini ada sekitar 222 KK yang menjadi korban banjir akibat meluapnya sungai Batang Sosa dan sungai Rokan.

Ia mengaku, sudah melaporkan situasi terkini dan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat kepada pihak pemerintah daerah maupun Provinsi, termasuk meminta bantuan sembako dan obat-obatan.

Halaman
123
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved