Pekanbaru

Harga Cabai di Pekanbaru Rp 30 Ribu per Kilogram karena Pasokan dari Daerah Asal Berkurang

Harga Cabai di Pekanbaru Rp 30 Ribu per Kilogram. Kenaikan harga terjadi akibat kurang pasokan dari daerah asal

Harga Cabai di Pekanbaru Rp 30 Ribu per Kilogram karena Pasokan dari Daerah Asal Berkurang
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah cabai merah bukit tinggi menumpuk didagangkan di Pasar Jalan Agus Salim Pekanbaru, Selasa (12/6/2018). Harga cabai di Pekanbaru minggu pertama November 2018 mulai merangkak naik 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Memasuki pekan kedua di bulan November ini, harga cabai di Pekanbaru yang merupakan kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Pekanbaru mengalami kenaikan, Kamis (8/11/2018).

Harga cabai di Pekanbaru naik dibandingkan hari sebalumnya.

Cabai hijau mengalami kenaikan Rp 2 ribu perkilgram sehingga harga cabai di Pekanbaru dari Rp 28 ribu naik menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya.

Selain cabai hijau, kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah asal Bukittinggi dari Rp 44 ribu menjadi Rp 45 ribu per kilogramnya atau naik Rp 1000.

"Cabai hijau sama cabai merah Bukittinggi yang naik. Kalau cabai merah Medan masih stabil Rp 32 ribu per kilonya," ujar Alimuddin salah seorang pedagang di Pasar Kodim Pekanbaru, Kamis (8/11/2018).

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru, Edwar Yunus, Kamis (8/11/2018) mengatakan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pekanbaru disebabkan karena berkurangnya pasokan dari daerah asal.

Baca: Harga Cabai di Pekanbaru Merangkak Naik Hingga Rp 45 Ribu per Kilogram

Baca: Sssstt, Jarang Berhubungan Intim, Bisa Berdampak 4 Hal Negatif Ini Lho!

Memasuki musim hujan saat ini mempengaruhi harga bawang merah, bawang putih dan juga cabai yang selama ini masih didatangkan dari daerah lain.

Pasalnya, jenis tanaman tersebut tidak terlalu bisa berkembang jika terlalu banyak terkena air.

"Untuk bawang dan cabai selama ini masih banyak didatangkan dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Disana saat ini masih musim hujan, jadi pasokannya sedikit berkurang sehingga harga mengalami kenaikan," katanya.

Kenaikan harga diprediksi masih akan terjadi hingga akhir tahun nanti.

Sampai natal dan tahun baru.

Sebab musim hujan diprediksi masih akan terus terjadi sehingga mempengaruhi hasil penan dari petani cabai dari daerah asal.

"Kemungkinanya sampai akhir tahun masih akan terjadi kenaikan, karena kondisi cuaca kan diprediksi masih musim penghujan," ujarnya. (*)

Baca: Kemunculan Buaya di Sungai Siak Pekanbaru, Fathullah: Bukan Sekedar Dongeng

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved