Rokan Hulu

Banjir Tidak Berpengaruh Terhadap Harga Sembako di Rohul

Meski banjir di sejumlah daerah di di ‎kabupaten Rokan Hulu terjadi, harga sembilan bahan pokok (Sembako) tidak berpengaruh di Rohul.

Banjir Tidak Berpengaruh Terhadap Harga Sembako di Rohul
TribunPekanbaru/TheoRizky
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Meski banjir di sejumlah daerah di Sumatra barat dan Sumatra Utara bahkan di ‎kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terjadi, harga sembilan bahan pokok (Sembako) tidak berpengaruh di Rohul.

Bahkan ada beberapa bahan pokok seperti cabe merah mengalami penurunan harga dari Rp 26 Ribu/Kg turun menjadi Rp 25 ribu/Kg, sedangan bahan pokok lainya normal.

Baca: 10 Atlet Anggar Riau Berpeluang Masuk Pelatnas Sea Games 2019

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu pedagang di pasar Modren Pasirpangaraian, Ari mengaku harga bahan bahan pokok masih normal dan tidak ada kenaikan yang signifikan, bahkan ada beberapa yang mengalami penurunan.

Ia menambahkan, untuk harga cabe kriting dari Rp 28 Ribu/Kg nya mengalami penurunan menjadi Rp 26 Ribu/Kg nya, sementara harga bawang merah dan putih masih bertahan di harga Rp20 Ribu/kg nya.

"Tomat juga tidak mengalami kenaikan tetap bertahan di harga Rp 8 Ribu/kg, sama halnya dengan kentang yakni Rp 10 Ribu/kg nya, dan wortel Rp 10 Ribu/kg," katanya, Jumat (9/11/2018).

Saat ditanya apakah ada pengaruh banjir terhadap harga dan stok dagangannya, Ari mengaku tidak ada pengaruh sama sekali, karena harga dan stok masih tersedia, namun dirinya tidak bisa memastikan apakah harga tetap normal untuk satu minggu kedepan.

Baca: BPJSTK Kanwil Sumbarriau Kembali Gelar Pasar Murah di 4 Titik Wilayah Kerja, Diskon hingga 50 Persen

Masih ditempat yang sama, Anto pedagang telur ayam mengaku, untuk harga telur ayam tidak mengalami kenaikan dalam artian harga normal, yakni harga telur ayam Ras/petelur Rp 42 Ribu /papan, sedangkan telur ayam kampung Rp65 ribu/papan nya.

"Masih Normal bang gak ada yang naik harga masih sama dengan hari lainnya, gak ada pengaruh banjir sama harga telur bang," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan pangan dan perikanan kabupaten Rohul, Sri Hardono, melalui Kasi Ketersediaan, Sukardi ‎mengungkapkan, untuk saat ini harga harga bahan sembako di sejumlah pasar di Rohul masih Normal.

"Tidak ada kenaikan harga masih normal, sama dengan harga minggu lalu. Bahkan ada harga sejumlah bahan pokok mengalami penurunan," imbuhnya.

Baca: Disperindag Dumai Akui Harga Komoditi Pangan di Dumai Masih Fluktuatif

Lebih lanjut dijelaskanya, terkait banjir menurutnya belum berpengaruh terhadap harga, pasalnya stok para pedagang memang masih ada, walaupun ada banjir di Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Namun belum ada berpengaruh ke harga bahan Sembako.

"Disejumlah pasar masih aman ko, seperti pasar Modren gak ada kenaikan harga, gak tau juga kalau bajir di Sumbar dan Sumut berlangsung lama mungkin ada pengaruh, pasalnya kebanyakan pedagang mengambil bahan dari Sumbar dan Sumut," pungkasnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved