Kampar

Bukaan Pintu Pelimpah Sudah Ditambah, Elevasi Waduk Koto Panjang Masih Naik

Saat bukaan pintu pelimpah dibuka, tinggi elevasi waduk pada mistar ukur terbaca 83 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bukaan Pintu Pelimpah Sudah Ditambah, Elevasi Waduk Koto Panjang Masih Naik
Tribunpekanbaru/FernandoSihombing
Aliran Sungai Kampar sekitar Pintu Pelimpah Waduk Koto Panjang, Jumat (09/11/2018) 

Bukaan Pintu Pelimpah Sudah Ditambah, Elevasi Waduk Koto Panjang Masih Naik

Laporan Wartawan tribunpekanbaru.com Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Bukaan Pintu Pelimpah atau Spillway Gate Waduk PLTA Koto Panjang masih dipertahankan hingga Jumat (9/11/2018). Bukaan sudah ditambah sejak Rabu (7/11/2018) lalu, namun elevasi waduk masih terus naik.

Tinggi bukaan tiga Pintu Pelimpah kini bertahan di masing-masing 50 centimeter.

Total outflow melalui pintu pelimpah dan Turbin di atas 500 meter kubik per detik ‎(m³/‎s).

Inflow pada Jumat sore terbaca 541,75 m³/‎s. Lebih besar dari outflow. ‎

Baca: Jadi Markas Gepeng dan Anak Punk, Taman Patung Kuda Kini Ditata Ulang, Ini Bentuknya Sekarang

Baca: Petugas Verifikasi di Kota Dumai Langsung Coret Pemilih yang Sudah Meninggal

Saat bukaan pintu pelimpah dibuka, tinggi elevasi waduk pada mistar ukur terbaca 83 meter di atas permukaan laut (mdpl). Setengah meter di atas batas normal.

Merujuk data dari pengelola waduk yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, tinggi elevasi naik menjadi 83,12 mdpl pada Jumat sore.

"Masih ada kenaikan. Tadi pagi masih 83,08. Sore ini sudah 83,12," ungkap Kepala Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) pada BPBD Kampar, Adi Chandra Lukita.(*)

Chandra mengatakan, informasi dari wilayah Sumatera Barat, daerah sisi hulu waduk, curah hujan masih tinggi. Ini yang menyebabkan debit air masuk atau inflow dari hulu ke waduk masih besar.

Baca: Kasus DBD Di Inhil Meningkat Tahun Ini, Dinkes Inhil Imbau Masyarakat Lakukan Hal Ini.

Baca: Polda Riau Sudah Terapkan Pasal TTPU Terhadap Bandar Narkoba

"Pintu Spillway dibuka kan untuk menyeimbangkan inflow dengan outflow. Supaya elevasi (waduk) stabil," kata Chandra. Ia belum menerima pemberitahuan dari pengelola waduk tentang kemungkinan adanya penambahan bukaan Pintu Pelimpah.

Pada kondisi sekarang, Chandra mengatakan, elevasi Sungai Kampar di hilir waduk masih berada ambang normal. Menurut dia, fluktuasi tinggi permukaan aliran Sungai Kampar berkisar antara 7 sampai 25 centimeter. Ia berharap hujan lebat di sisi hilir waduk tidak turun untuk menghindari lonjakan debit Sungai Kampar.

Ia mengatakan, aktivitas masyarakat di aliran Sungai Kampar masih berjalan seperti biasa. Seperti Keramba, rakit penyeberangan, memancing, mandi dan mencuci pakaian.

"Mudah-mudahan tidak ada situasi dari hulu yang memaksa waduk menambah bukaan pintu," ujar Chandra. Sebab, ia memperkirakan, jika bukaan pintu pelimpah ditambah 50 cm lagi pada tiap pintu, maka Sungai Kampar akan meluap. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved