Kampar

Elevasi Waduk Koto Panjang Akhirnya Turun, Pintu Pelimpah Masih Dibuka

Tinggi elevasi Waduk PLTA Koto Panjang akhirnya turun, Sabtu. Tinggi elevasi pada pukul 09.00 WIB terbaca 83 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Elevasi Waduk Koto Panjang Akhirnya Turun, Pintu Pelimpah Masih Dibuka
Tribun Pekanbaru/Fernando Sihombing
Tinggi elevasi pada mistar ukur Waduk PLTA Koto Panjang, Sabtu (10/11/2018) 

Laporan Wartawan tribunpekanbaru.com Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Tinggi elevasi Waduk PLTA Koto Panjang akhirnya turun, Sabtu (10/11/2018). Tinggi elevasi pada pukul 09.00 WIB terbaca 83 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sehari sebelumnya, Jumat (9/11) sore, tinggi elevasi sempat terbaca di angka 83,12 mdpl. Turunnya elevasi dikarenakan voume air masuk atau inflow sudah lebih kecil dari outflow.

Baca: Hari Pahlawan 10 November 2018, Luna Maya Curhat Mengharukan Tentang Sosok sang Ibu

Inflow tercatat sebesar rata-rata 450 meter kubik per detik per jam dalam 24 jam. Sedangkan outflow melalui Pintu Pelimpah dan Turbin sebesar 581 m³/‎s.‎

Meski ada penurunan elevasi, pihak pengelola masih mempertahankan bukaan tiga Pintu Pelimpah atau Spillway Gate. Manajer Unit Layanan PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi menjelaskan sistem kelola volume waduk atau Water Management.

Baca: Tak Cukup Biaya, Wanita di Yogyakarta Ini Bakar Jasad Pasangan Pakai Pertalite Kemudian Ditangkap

Ia mengatakan, Pintu Pelimpah masih akan terus dibuka sampai tinggi elevasi berada di batas normal 82,50 mdpl. Menurut dia, Pintu Pelimpah akan ditutup di elevasi 82 mdpl. Ini dilakukan jika rata-rata inflow lebih kecil dari outflow dalam 24 jam.‎

Sebaliknya, bukaan Pintu Pelimpah akan ditambah jika elevasi mencapai 83,25 mdpl. "Inflow lebih besar dari outflow," kata Rusdi.

Pengelola membuka tiga Pintu Pelimpah. Tiap pintu dengan bukaan setinggi 50 centimeter. Tinggi bukaan ini sudah dilakukan sejak Rabu (7/11) lalu. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved