Menembus Batas Ruang & Waktu, Media Sosial Wadah Ampuh untuk Literasi Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis tingkat literasi keuangan pada tahun 2016 adalah 29,7 persen dari total penduduk Indonesia.

Menembus Batas Ruang & Waktu, Media Sosial Wadah Ampuh untuk Literasi Keuangan
Istimewa
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tingkat pemahaman masyarakat Indonesia tentang keuangan masih rendah. Berdasarkan data terakhir yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tingkat literasi keuangan pada tahun 2016 adalah 29,7 persen dari total penduduk Indonesia.

Angka tersebut diperoleh lewat survei tiga tahunan yang dilaksanakan OJK.

Sementara untuk tahun 2018, OJK memprediksi tingkat literasi keuangan sebesar 31 persen.

"Angka tersebut masih perlu diuji lagi lewat survey tiga tahunan tadi. Untuk hasil pastinya akan dirilis pada 2019 nanti,"kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara.

OJK optimis literasi keuangan di Indonesia bakal meningkat. “Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan. Seperti, pembagian materi yang fokus pada target audiens dan pengajaran untuk sektor keuangan,”jelasnya.

Disamping itu, OJK juga menerbitkan modul pembelajaran yang dikirim ke berbagai daerah bagi para pelajar.  Selanjutnya, OJK juga merilis modul buku keuangan versi online bagi siswa SD dan SMP.

“Oleh karena itu, OJK berkeyakinan akan mencapai angka 35 persen pada 2019 mendatang terkait literasi. Sementara untuk tingkat inklusi keuangan sebesar 75 persen,”pungkas Dia.

Pemanfaatan Media Sosial Instagram

Selain program tersebut, tentu pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram sebagai wadah literasi keuangan sangat berpotensi jika digarap secara serius.

Sebab, instagram saat ini menjadi media sosial kekinian yang mulai banyak digunakan masyarakat Indonesia dibandingkan media sosial lainnya seperti Facebook dan Snapchat.

Halaman
1234
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved