Bengkalis

Dinkes Bengkalis Gelar Peringatan HKN dengan Olahraga Bersama dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Pada acara Jalan santai bersama ini pihak Dinkes juga membagikan sejumlah hadiah kepada masyarakat Bengkalis, dan hadiah utamanya Kulkas dan laptop

Dinkes Bengkalis Gelar Peringatan HKN dengan Olahraga Bersama dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis
tribunpekanbaru/mnatsir
Foto : Pemeriksaan Kesehatan di lakukan Masyarakat yang ikut serta dalam HKN ke 54 di selenggarakan Dinkes Bengkalis, Minggu (11/11) 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dalam sempena Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkalis mengajak masyarakat Bengkalis untuk hidup sehat bersama melalui sejumlah kegiatan yang diselenggarakan Bengkalis'>Dinkes Bengkalis di halaman kantor Dinas Kesehatan, Minggu (11/11) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan warga Kota Bengkalis sejak pagi hingga siang dan dimulai dengan acara jalan Santai bersama.

Jalan santai sehat tersebut diikuti langsung Sekretaris Daerah Bengkalis Bustami HY, Plt Kepala Dinkes Supardi serta seluruh jajaran pegawai Dinkes dan Puskesmas di area Pulau Bengkalis.

Pada acara Jalan santai bersama ini pihak Dinkes juga membagikan sejumlah hadiah kepada masyarakat Bengkalis, dengan hadiah utama satu unit Kulkas dan Laptop.

Baca: Pastikan Besok Bawa KTP, Operasi Yustisi 2018 di Dumai Digelar Lagi 12-16 November 2018

Tidak hanya jalan santai, usai melintasi rute jalan santai masyarakat kembali lagi ke Halaman Kantor Bengkalis'>Dinkes Bengkalis disungguhkan sejumlah makanan sehat.

Kemudian rangkaian kegiatan juga diisi dengan senam gerakan masyarakat sehat (Germas).

Selain kegiatan olahraga Bengkalis'>Dinkes Bengkalis juga membuka beberapa stand kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan masyarakat.

Diantaranya stand pemeriksaan penyakit tidak menular, Pemeriksaan Kesehatan Gigi, Pemeriksaan IV test serta vaksinasi Measles Rubella (MR) untuk anak anak.

Pelaksana tugas (Plt) Dinkes Supardi mengatakan, kegiatan yang diselenggarakannya pihaknya disambut cukup antusias.

Terumtama kegiatan jalan santai dan pemeriksaan kesehatan.

Baca: Pansus DPRD Pekanbaru Akan Naikkan Pajak PJU Jika Skenario Ini Terpenuhi

Seperti pemeriksaan penyakit tidak menular yang dilakukan Dinas Kesehatan ada sebanyak 167 orang melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan IVA Test atau deteksi dini kanker leher rahim sebanyak 77 orang memeriksakan diri.

"Begitu juga pemeriksaan kesehatan Gigi ada sebanyak 25 orang memeriksakan giginya. Serta anak anak yang hadir juga melakukan vaksinasi MR sebanyak 13 orang anak," pungkasnya.

Supardi mengatakan, dengan kegiatan peringatan hari Kesehatan Nasional ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk mengalakkan Germas dilingkungan masing masing.

Dengan cara meningkatkan pola hidup sehat mulai dari diri sendiri dan keluarga.

Baca: Mulai Rp 90 Juta, Pesta Pernikahan di Grand Central Hotel Pekanbaru

"Kita harapkan pola hidup sehat ini bisa mengakar meruput di kehidupan masyarakat Bengkalis. Karena dengan pola hidup sehat masyarakat bisa memperkuat keutuhan pola kehidupan bangsa kita," terang Supardi.

Dengan peringatan HKN bisa menjadi momentum mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif atau kesehatan bersifat pengobatan berubah kearah kesehatan yang besifat Preventif dan promotif.

"Atau bisa dibilang mengutamakan pencegahaan dan penyuluhan kesehatan sebelum penyakit datang baru dilakukan penindakan," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya berharap, masyarakat yang hadiri saat ini mulailah menjaga pola hidup sehat dari diri sendiri.

Serta mengajak lingkungan sekitarnya untuk ikut menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan penyakit sedini mungkin.

Baca: Peringati HKN Besok, Diskes Pekanbaru Gelar Kegiatan Pengobatan Gratis

Sementara itu Sekda Bengkalis Bustami HY mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkalis'>Dinkes Bengkalis dengan memfasilitasi masyarakat pada kegiatan hari ini berbagai macam pemeriksaan kesehatan secara gratis diacara ini.

Mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin, pemriksaan gigi, pemeriksaan azheimer hingga pemeriksaan IVA Test.

"Mari kita manfaatkan dengan baik kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dengan memeriksakan diri kita, sebagai bentuk pencegahan dari kemungkinan ada pada diri kita," pungkasnya.

Menurut dia, harapan pemerintah Bengkalis dalam peringatan HKN, menjadi motivasi dalam meningkatkan pola hidup sehat masing masing individu.

Serta bisa mengajak lingkungan masing masing untuk juga ikut serta dalam peningkatan pola hidup sehat.

Baca: Wakil Rakyat Desak Pemkab Lanjutkan Pembangunan Jalan Penghubung Kecamatan

Selain kegiatan dengan masyarakat, Bengkalis'>Dinkes Bengkalis juga mengelar Family Gathering di jajaran internalnya dan UPT Puskesmas yang ada di Bengkalis.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan semangat kekeluargaan diantara pegawai di bawah naungan Bengkalis'>Dinkes Bengkalis.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved