Indragiri Hilir

Tanah Longsor Kembali Melanda Tanah Merah, Rumah dan Fasilitas Umum Jadi Korban

Bencana tanah longsor kembali melanda masyarakat Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa.

Tanah Longsor Kembali Melanda Tanah Merah, Rumah dan Fasilitas Umum Jadi Korban
Istimewa
Rumah dan bangunan yang menjadi korban tanah longsor di Lorong Peringi, Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (13/11/2018) sekira pukul 00.10 WIB. 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TANAH MERAH – Bencana tanah longsor kembali melanda masyarakat Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (13/11/2018) sekira pukul 00.10 WIB.

Kali ini tanah tanah longsor terjadi pemukiman masyarakat atau tepatnya di Lorong Perigi, Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Riau.

Baca: Pengendara Motor Terbanyak Ditilang dalam Operasi Zebra Muara Takus 2018, Ini Pelanggarannya

Berdasarkan data dari Polsek setempat, kejadian tersebut mengakibatkan sebanyak 1 unit rumah mengalami rusak ringan pada bagian pagar dan teras, 1 unit Poskamling dan jalan umum sepanjang lebih kurang 25 meter juga ikut rusak.

“Dalam kejadian musibah tanah longsor tersebut tidak terdapat korban jiwa dan dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai,” Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, S.IK, MH melalui Kapolsek Tanah Merah, Iptu Liber Nainggolan melalui keterangan tertulisnya.

Menurut Kapolsek, dugaan penyebab tersebut karena pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada di sepanjang pinggir sungai perigi Kuala Enok, dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut kering.

Baca: Jadwal Liga 2 2018, PS Mojokerto Putra Vs Semen Padang di Babak 8 Besar Pukul 15.30 WIB

Petugas dari BPBD Kabupaten Inhil, pemerintah Kecamatan Tanah Merah dan Polsek Tanah Merah serta masyarakat setempat, dikatakan Kapolsek, sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik pemilik rumah yang masih bisa diselamatkan.

“Sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan dirumah kerabat dan dirumah masyarakat disekitar TKP tanah longsor,” jelas Kapolsek.

Sementara itu, H. Abdul Azis Ali Hamid (65) selaku pemilik rumah yang menjadi korban tanah longsor, sekitar pukul 00.10 WIB mengaku mendengar suara papan retak disaat dirinya sedang tidur.

Mendengar suara tersebut, dirinya langsung memanggil penghuni rumah dan menyuruh agar keluar dari rumah tersebut.

Baca: Pertina Riau Targetkan 2 Medali Emas di Kejurnas Elite Mens dan Womens 2018

Kemudian korban mengeluarkan barang-barang miliknya dari dalam rumah untuk diungsikan ketempat lain.

“Tidak lama kemudian terjadi longsor yang menghanyutkan poskamling, rumah dan jalan umum sepanjang 25 meter,” pungkas H. Abdul Azis. (*)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved