Indragiri Hilir

207 Nelayan Inhil Terima Paket Konversi BBM Ke BBG

Pendistribusian paket bantuan kerjasama antara kementrian ESDM dengan Komisi VII DPR-RI, berupa mesin lengkap dengan tabung Gas Lpg 3kg.

207 Nelayan Inhil Terima Paket Konversi BBM Ke BBG
Tribun Pekanbaru/T Muhammad Fadhli
Pembagian paket program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) di Teratak Kelurahan, Sei. Piring, Kecamatan Batang Tuaka, Jum’at (16/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com, T Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, BATANG TUAKA – Sebanyak 207 orang nelayan kabupaten Inhil menerima pembagian paket program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) di Teratak Kelurahan, Sei. Piring, Kecamatan Batang Tuaka, Jum’at (16/11/2018).

Pendistribusian paket bantuan yang merupakan kerjasama antara kementrian ESDM dengan Komisi VII DPR-RI, berupa mesin lengkap dengan tabung Gas Lpg 3kg.

Baca: Masih Ingat Kiki Fatmala Gadis Jembatan Ancol? Yuk Intip Rumahnya, Banyak yang Tak Tahu Mewahnya

Dirjen Infrastruktur Pembangunan Migas Kementrian Esdm Ri Alimuddin Baso menuturkan, program konversi BBM ke bahan bakar gas untuk nelayan ini adalah program pemerintah yang merupakan realisasi dari perpres nomor 126 tahun 2015.

“Yang kita bantu adalah kelompok nelayan yang mempunyai dibawah 5 GT, mereka mempunyai kapal dan mesin, belum pernah dapat bantuan dari pemerintah dengan sejenis, menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan mempunyai kartu nelayan,” ujarnya.

Lebih lanjut Alimudin Baso menjelaskan, pembagian paket program BBM ke BBG berupa mesin komplit dengan tabung gas Lpg 3kg yang keseluruhan di Kabupaten Inhil akan dibagikan di 5 kecamatan, antara lain, Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kecamatan enok, Kecamatan tanah merah dan Kecamatan Reteh.

“Kalau gasnya habis bisa menggunakan premium, ini barang pemerintah kita serahkan kepada masyarakat dan gratis tidak ada pungutan dan jangan dijual. Diharapkan bantuan ini akan membantu nelayan didalam menghemat biaya operasional bahan bakar sampai 40/45 persen,” harapnya.

Baca: Vera Nanda Menikah dengan Pria Asal Korea Selatan, Gadis Minang Ini Kerap Dibully

Lebih lanjut Drs. H. Muktar. T, MH Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menjelaskan, garis pantai kabupaten Inhil merupakan terpanjang di Provinsi Riau yaitu,lebih kurang 2300 garis pantai dengan 50 pulau.

“Ada 60 desa pesisir dengan penduduk rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan. Secara umum dari 20 kecamatan di kabupaten inhil yang tergambarkan dari data yang dimiliki oleh dinas perikanan Inhil.

Terdapat lebih kurang 29 ribu dari 7 ratus ribu warga masyarakat inhil yang bermata pencaharian sebagai nelayan,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved