Siak

Ibu Hamil Harus Rajin Makan Ikan, Supaya Anak Tidak Mengalami Stunting

kampanye gemarikan kali ini menekankan untuk ibu hamil dan ibu Balita dalam rangka pencegahan stunting.

Ibu Hamil Harus Rajin Makan Ikan, Supaya Anak Tidak Mengalami Stunting
TRIBUNPEKANBARU.COM/THEO RIZKY
Acara sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) berlangsung di Jalan Dipenogoro saat car free day, Minggu (4/12/2016). Acara tersebut digelar oleh pemerintah Provinsi Riau dan dimeriahkan dengan acara lomba masak serba ikan yang diikuti oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain Adinegara, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi, Plt Walikota Pekanbaru Edward Sanger dan pejabat lainnya. Selain itu kegiatan tersebut juga diramaikan dengan lomba mewarnai, cek kesehatan gratis serta berbagai macam stan makanan. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Ternyata mengonsumsi ikan dapat mencegah stunting, atau penghambatan pertumbuhan pada anak. Karena itu, ibu hamil dan balita diharuskan gemar mengonsumsi ikan.

Hal tersebut terus dikampanyekan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak, Rabu (21/11/2018).

Forikan Siak kembali mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan melalui Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Siak.

Baca: Hanya 35 Tim Lokal yang Ikut Siak International Serindit Boat Race II 2018

Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, kampanye gemarikan kali ini menekankan untuk ibu hamil dan ibu Balita dalam rangka pencegahan stunting.

"Apa itu stunting, stunting adalah anak pendek atau tinggi badan anak tidak sesuai dengan usianya," sebut Rasidah di kampung Suak Lanjut, kecamatan Siak.

Stunting ini akibat kurangnya nutrisi pada 1000 hari pertama anak.

Padahal, stunting bisa dicegah, salah satunya dengan cara rajin mengonsumsi ikan.

Sebab, ikan mengandung protein berkualitas seperti Omega-3, mengandung lemak rendah dan mengandung nitrogen yang berperan dalam tumbuh-kembangnya sel otak dengan baik.

Agar anak-anak di kabupaten Siak lahir dengan normal, sehat dan cerdas Forikan Kabupaten Siak bekerja sama dengan PT Bumi Siak Pusako melaksanakan kegiatan kampanya itu.

Baca: Peringatan HKN ke-54, Pemkab Siak Berikan Ambulance Baru untuk Puskesmas dan RSUD

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved