Kampar

Hari Guru Nasional, Guru Sekolah di Pelosok Kampar Masih Bergelut dengan Upah dan Sulitnya Akses

Masalah upah yang sangat kecil dan sulitnya akses masih menjadi tantangan terberat dihadapi Guru SD Negeri 020 Balung Kecamatan XIII Koto Kampar.

Hari Guru Nasional, Guru Sekolah di Pelosok Kampar Masih Bergelut dengan Upah dan Sulitnya Akses
ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan tribunpekanbaru.com Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Hari Guru tahun ini diperingati pada Minggu, 25 Nopember. Namun para Pahlawan tanpa tanda jasa masih bergelut dengan segudang persoalan, bahkan tantangan berat. Khususnya para guru di daerah sulit.‎

Masalah upah yang sangat kecil dan sulitnya akses masih menjadi tantangan terberat dihadapi Guru SD Negeri 020 Balung Kecamatan XIII Koto Kampar. Sekolah ini berdiri satu atap dengan sebuah SMP Negeri yang terletak di Dusun V Siasam.

Baca: Ben Jonson Situmorang, Pelaku Pembakar Sudisman di Medan Diancam Hukuman Mati

Kepala SD Negeri 020 Balung, Esdi Yoker nyaris kehilangan harapan tentang nasib guru di sekolah daerah sulit. Ia sulit berkata-kata saat ditanya perasaannya menyambut Hari Guru.

"Ya gimana lagi? Sudah begini adanya. Dari dulunya sudah begini," ujar Esdi, Sabtu (24/11/2018). Ia hanya berpesan kepada Pemerintah di republik ini agar kesejahteraan guru diutamakan.

Bagi Esdi, kondisi bangunan sekolah yang memprihatinkan adalah persoalan di nomor urut dua. Ia sudah menyampaikan hal ini kepada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kampar.

"Yang terpenting itu sekarang kesejahteraan guru tolong diperhatikan. Bangunan sekolah, bagi saya itu nomor dua. Untuk apa bangunan sekolah bagus, kalau gurunya nggak ada?" ujar Esdi.

Baca: Tes Kepribadian, Pilih Satu Mata dan Singkap Sifatmu, Tipe Misterius atau Energik?

Ia mengungkap guru yang menerima honor jauh dari kata layak. Di sekolahnya, guru honor hanya menerima Rp. 500.000 per bulan. Sedangkan SMP hanya Rp. 350.000 per bulan.

"Belum lagi kalau ke sekolah, bisa bermalam di jalan. Berangkat pagi, besok paginya baru sampai," ujar Esdi. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved