Padang

Pemilu 2019 Semakin Dekat, Bawaslu Padang Belum Petakan Daerah Rawan Pelanggaran

Laporan dugaan pelanggaran pidana Pemilu 2019, sejak tahapan kampanye dimulai 23 September kemarin.

Pemilu 2019 Semakin Dekat, Bawaslu Padang Belum Petakan Daerah Rawan Pelanggaran
Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorri Putra saat menjadi pemateri Sosialisasi Pengawasan Partisipastif Masyarakat pada Tahapan Pemilu 2019 di Kecamatan Lubuk Kilangan. 

Laporan kontributor tribunpekanbaru.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorri Putra mengaku bahwa hingga kini, pihaknya belum menerima adanya laporan dugaan pelanggaran pidana Pemilu 2019, sejak tahapan kampanye dimulai 23 September kemarin.

"Sejauh ini belum ada," kata Dorri usai menghadiri acara Sosialisasi Pengawasan Partisipastif Masyarakat pada Tahapan Pemilu 2019 di Kecamatan Lubuk Kilangan, Sabtu (24/11/2018).

Baca: Apresiasi Guru, Pemprov Riau Gelar Peringatan HGN Senin Pagi

Meskipun belum ditemukan adanya dugaan pelanggaran pidana Pemilu, namun Bawaslu Kota Padang, kata Dorri melanjutkan, juga berharap agar masyarakat ikut serta mengawasi jalannya Pemilu.

"Masyarakat diharapkan untuk ikut serta mengawasi jalannya Pemilu 2019. Kalau ada dugaan pelanggaran segera laporkan ke Bawaslu atau pun Panwascam untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Kemudian ketika ditanya kecamatan mana di Kota Padang yang dianggap rawan, Dorri mengaku bahwa pihaknya belum melakukan pemetaan, dengan alasan bahwa Bawaslu Padang tidak dizinkan oleh Bawaslu RI untuk melakukan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

"Kami sebelumnya berencana melakukan IKP untuk Padang melalui peneliti, tapi dilarang Bawaslu RI. Sebab, tidak ada ranah Bawaslu Kota Padang untuk melakukan IKP sendiri," tuturnya.

Baca: Hari Menanam Pohon, Cara Membuat Tabulampot di Lahan Sempit

Terkait Sosialisasi Pengawasan Partisipastif Masyarakat pada Tahapan Pemilu 2019 di Kecamatan Lubuk Kilangan, Ketua Panwascam Seprio Wildo mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meminimalisir
terjadinya pelanggaran selama tahapan Pemilu.

Oleh sebab itu, katanya melanjutkan, melalui sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan Ketua RW di Lubuk Kilangan ini, diharapkan Pemilu 2019 berjalan tanpa ada kecurangan sedikitpun, sehingga terwujud Pemilu berdunsanak di Kota Padang, khususnya di Lubuk Kilangan.

"Pada sosiasisasi ini, kamu juga sampaikan jenis-jenis pelanggaran Pemilu, sehingga perangkat RW di Lubuk Kilangan bisa mengetahui mana yang pelanggaran dan mana yang tidak. Kalau ada pelanggaran, mohon kerjasama dari RW untuk mengkoordinasikan dengan kami di jajaran Panwascam," tuturnya.(*)



Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved