Padang

Sumbar Tuan Rumah MTQ 2020, Momentum Bangkitkan Nilai-Nilai ABS-SBK

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dipastikan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musbaqah Tilamatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020.

Sumbar Tuan Rumah MTQ 2020, Momentum Bangkitkan Nilai-Nilai ABS-SBK
TribunPekanbaru/TheoRizky
Ilustrasi - Al Qur'an 

Laporan kontributor tribunpekanbaru.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dipastikan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musbaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020.

Bahkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, telah menyerahkan bendera MTQ Nasional kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, saat penutupan MTQ Nasional ke-27 di Astaka Utama Gedung Serbaguna, pada 12 Oktober lalu.

Baca: Manfaat Sikat Gigi dengan Miyak Kelapa, Bagaimana Caranya? Ikuti Langkah Ini

Terkait hal tersebut, Asisten Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sumbar Nasir Ahmad, menyebut bagi Pemprov dan masyarakat Sumbar, momentum ini akan dapat membangkitkan kembali nilai-nilai filosofi Minangkabau.

"Ini bagus bagi kita, karena ini dapat membangkit filosofi Minangkabau, yaitu Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," kata Nasri Ahmad kepada tribunpeklanbaru.com, Senin (26/11/2018).

Gubernur, lanjutnya, berpesan dalam penyelenggaraan MTQ Nasional nanti, Pemprov Sumbar ingin memberikan yang terbaik dalam pembangunan dan pengembangan siar Islam dan Al Qur'an di Sumbar, dan Indonesia pada umumnya.

Oleh sebab itu, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses nilai-nilai iman dan taqwa dan sukses membangkitkan kembali gairah pembangunan membumikan Al Qur'an di tengah-tengah masyarakat Sumbar yang berfilosofikan ABS-SBK harus ditekankan mulai dari sekarang.

Baca: Resep Martabak Telur, Gurihnya Nempel di Lidah

Bahkan untuk mewujudkan kesuksesan tersebut, tim penyusunan perencanaan kerja akan melakukan study lapangan di daerah Banten sebagai sukses prestasi, Nusa Tenggara Barat sukses penyelenggaraan dalam nilai budaya, dan Batam sebagai sukses administrasi pelaporan keuangan.

"Kemudian, study banding juga dilakukan ke daerah-daerah lain yang relefan dengan kebutuhan penyelenggaraan MTQ, seperti menyiapkan aplikasi penilai lomba dan lain-lain," ujar Nasir. (*)

Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved