Indragiri Hilir

Kisah Guru Sudjamaludin 35 Tahun Mengajar di Daerah Pasang Surut Inhil Andalkan Pompong ke Sekolah

Pompong digunakan untuk menuju sekolah yang terletak di Parit Kuala Muda Besar, Kelurahan Seberang Tembilahan, Kecamatan Tembilahan.

Kisah Guru Sudjamaludin 35 Tahun Mengajar di Daerah Pasang Surut Inhil Andalkan Pompong ke Sekolah
tribunpekanbaru/T.MuhammadFadhli
Sudjamaludin saat hadir dalam Apel HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Kamis (29/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com, T. Muhammad Fadhli

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Hari sudah semakin sore saat Sudjamaludin dan berapa orang guru masih menunggu kesempatan untuk menyeberang ke Seberang Tembilahan.

Air Sungai Indragiri yang sedang surut membuat Sudjamaludin tidak bisa melintas menuju SDN 034 Kelurahan Seberang Tembilahan, Kecamatan Tembilahan, sekolah tempat dirinya mengabdi selama 15 tahun.

Dengan sabar Sudjamaludin menunggu hingga akhirnya dirinya bisa menyeberang menggunakan pompong yang memang sudah disewanya per bulan untuk keperluannya mengajar bersama guru – guru lainnya.

Pompong digunakan untuk menuju sekolah yang terletak di Parit Kuala Muda Besar, Kelurahan Seberang Tembilahan, Kecamatan Tembilahan.

Kondisi tersebut di atas merupakan hal yang lumrah dialami oleh Sudjamaludin dan guru – guru lainnya yang mengajar di sekolah tersebut.

Baca: POTRET Guru dan Murid SD di Riau, Terpaksa Singsingkan Rok dan Jinjing Sepatu Masuk Gedung Sekolah

Baca: 5 Kisah Guru yang Menyedihkan di Indonesia, Dibui karena Mencubit hingga Tewas Dianiaya Murid

Kondisi yang tetap harus dilewati dengan sabar karena murid – murid sudah menunggu di sekolah untuk belajar.

“Apalagi waktu ujian, kita harus masuk. Tidak boleh tidak dilaksanakan, sampai sore pun harus kita laksanakan, karena jalan darat belum maksimal dan masih memprihatinkan,” ujar Sudjamaludin mengisahkan pada Tribun Pekanbaru belum lama ini.

Kondisi geografis Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang terdiri dari lautan dan daratan, membuat kondisi pasang surut seperti ini sering terjadi di berbagai daerah di Inhil.

Selama lebih kurang 35 tahun mengajar di Inhil, Sudjamaludin mengaku sering dihadapkan pada kondisi sulit di lapangan untuk mengajar.

Halaman
12
Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved