Seleksi Calon Komisioner KPU di Riau, 289 Orang Jalani Sesi Wawancara Demi Posisi 10 Besar

Ratusan calon komisioner harus menjalani tes wawancara yang digelar oleh Tim Seleksi Komisioner KPU kabupaten, kota dan provinsi di Riau

Seleksi Calon Komisioner KPU di Riau, 289 Orang Jalani Sesi Wawancara Demi Posisi 10 Besar
tribunpekanbaru/guruhbudiwibowo
Tim Seleksi I KPU Riau sedang mewancarai calon komisioner KPU kabupaten dan kota di Hotel Dafam, Senin (3/12/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Guruh Budi Wibowo

TRIBUNPEKANBARU.COM- Sebanyak 289 calon komisioner KPU kabupaten, kota dan provinsi di Riau memasuki babak 10 besar.

Dalam babak ini, ratusan calon komisioner harus menjalani tes wawancara yang digelar oleh Tim Seleksi Komisioner KPU kabupaten, kota dan provinsi di Riau, Senin (3/12/2018).

Tes ini dilakukan di dua tempat, Hotel Dafam untuk tes wawancara calon komisioner kabupaten dan kota, sedangkan tes wawancara untuk calon komisioner KPU Riau dilakukan di Hotel Aryaduta.

Ketua Timsel I KPU, Muhammad Sahal mengatakan, tes wawancara pada hari pertama ini diikuti oleh 69 peserta, 11 di antaranya merupakan calon komisioner KPU Riau. 

Akademisi Universitas Riau ini menjelaskan, dalam tes wawancara ini para calon komisioner akan diuji kemampuan dan penguasaan mengenai kemampuan dan penguasaan mengenai kepemiluan.

Baca: 534 Peserta Lulus SKD CPNS 2018 Siak, Jadwal Daftar Ulang untuk SKB 3 Hari, Siapkan Persyaratan Ini

Baca: Pembangunan Fly Over di Pekanbaru Molor, Pemprov Riau Target Februari Bisa Dilewati Kendaraan

Baca: Kondisi Saat-saat Pria Lebih Sering Menangis, Bagian dari Ekspresi Emosi

"Integritas, kapasitas, kompetensi, independensi, pastinya juga wawasan kepemiluan. Semua komponen itu nantinya yang akan mempengaruhi nilai para calon komisioner bisa masuk dalam sepuluh besar," ujar M Sahal. 

Selain itu kata M Sahal, untuk menjaring calon 10 calon komisioner, tim seleksi juga mengakumulasi seluruh nilai, mulai dari tes kesehatan jasmani dan tes kesehatan rohani dan juga tes wawancara. 

Sepuluh calon yang masuk 10 besar tersebut kata M Sahal akan disampaikan ke KPU RI untuk dikerucutkan menjadi 5 orang yang memiliki nilai tertinggi.

"Lima orang tersebut akan menjadi komisioner KPU, sedangkan 5 lainnya dipersiapkan menjadi pengganti antar waktu jika ada komisioner KPU yang berhenti atau mengundurkan diri," ujarnya.(*)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved